Camat Koto XI Tarusan Sambut Baik Santri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek dalam Kegiatan Khitmatul Ummah

2
Perwakilan Pondok Pesantren Sumatera Parabek Thawalib Bersama Jajaran Kecamatan Koto XI Tarusan

Pesisir Selatan, CanangNews - Camat Koto XI Tarusan Yudi Andri SY, SH, M.Si sambut baik kegiatan Khitmatul Ummah (Kegiatan Pendekatan Diri Santri Kepada Masyarakat) dari Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang diadakan di Wilayah Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut Yudi Andri bersama jajaran dan Wali Nagari Se Kecamatan Koto XI Tarusan hadir dalam kegiatan Audiensi bersama Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi di Aula Kantor Camat Koto XI Tarusan, Selasa (22/02/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Arfilus, Sekretaris Camat Koto XI Tarusan, Forum Komunikasi Wali Nagari Se-Kecamatan Koto XI Tarusan, dan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Koto XI Tarusan.

Kegiatan Audiensi dan silaturahmi tersebut, Perwakilan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi menyampaikan niat baik kedatangan santri Khitmatul Ummah yang selama ini sempat tertunda, disebabkan pasca merebaknya Covid-19, sudah 2 tahun Khidmatul Ummah vakum dari kegiatan santri.

"Melihat kondisi yang sudah relatif aman, Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi Agam kembali merencanakan pelaksanaan Khidmatul Ummah pada tahun 2022 ini di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Ustadzah Nofri yang merupakan Kepala Aliyah Pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek

Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan sambutan dari jajaran Camat Koto XI Tarusan, yang telah membantu kembali mewujudkan Kembali Kegiatan Santri dalam Pendekatan Diri kepada masyarakat di kecamatan koto XI Tarusan.

"Kami berharap selaku Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi nanti anak-anak yang akan Khitmatul Ummah Di Tarusan sebanyak 180 orang lebih yang juga di dampingi oleh para ustadz dan ustadzah nanti, kegiatan ini akan kami bagi di 23 nagari Se Kecamatan Koto XI Tarusan, adapun pernagarinya santri kami tempat kan sebanyak 8 dan 7 orang, terdiri dari santriwati dan santriwati," ungkapnya.

Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andri. Yudi Andri berharap kegiatan Khitmatul Ummah dapat menjadi persiapan khalifah untuk ajang MTQ Pesisir Selatan di Bulan Juli 2022.

"Kegiatan ini sangat di butuhkan oleh masyarakat koto XI Tarusan dalam peningkatan kualitas pendidikan keagamaan di wilayah kami. Ditambah lagi kami juga dalam persiapan Khafilah Untuk MTQ di Kabupaten Pesisir Selatan yang sekitar bulan juli depan di adakan, semoga dengan kehadiran para santri parabek bisa memicu semangat para khafilah dalam membenahi diri untuk persiapan lomba nanti," jelasnya.

Yudi Andri, juga menyampaikan harapan kepada seluruh Wali Nagari yang ada di kecamatan Koto XI Tarusan, melalui Forum wali nagari untuk bisa mempersiapkan penyambutan dan menyiapkan tempat istirahat yang layak bagi para santri nanti dilokasi selama kurang lebih 12 hari.

Andi Hasan, selaku perwakilan Forum Wali Nagari Kecamatan Koto XI Tarusan, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi yang telah memilih wilayah kecamatan Koto XI Tarusan sebagai tempat kegiatan keagamaan.

"Kami berharap nanti para santri yang hadir termasuk ustadz dan Ustadzahnya juga telah selesai di vaksin serta memiliki PCR nanti demi menjaga kesehatan masyarakat kami nanti," ucapnya.

Selanjutnya, Zarmon, Penyuluh Agam Islam KUA Kecamatan Koto XI Tarusan mengatakan, kedatangan santri Khitmatul Ummah di Kecamatan Koto XI Tarusan adalah lanjutan kegiatan tertunda selama 2 tahun ini di sebabkan oleh Covid-19 yang merebak.

"Kami selaku penyuluh agama Islam KUA sesuai arahan dari kepala KUA telah membantu menjembatani kegiatan ini kepada pihak Kabupaten dan Camat, Alhamdulillah juga disambut baik," ucapnya.

Selanjutnya, Drs Arzen, Kepala Kantor KUA kecamatan Koto XI Tarusan, menyatakan akan siap membantu menyukses program kerja Khitmatul Ummah di Koto XI Tarusan.

"Kami nanti akan kerahkan seluruh Jajaran KUA untuk membantu menyukseskan program Kerja Khitmatul Ummah di Kecamatan Koto XI Tarusan, namun harapan kami kepada santri dengan program kerja yang dibawa nanti bisa berkoordinasi dengan pihak KUA sehingga kegiatan yang dilakukan bisa sejalan hendaknya. Ini hal yang kami inginkan sebab juga bagian dari tugas para penyuluh agama Islam di kantor urusan agama kecamatan Koto XI Tarusan," ujarnya.

Posting Komentar

2Komentar
Posting Komentar

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top