Kwarcab 0305 Gerakan Pramuka Selenggarakan Cross Country II


Parit Malintang, CanangNews -Sebanyak 14 Gugus Depan (Gudep) SMA/SMK Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Padang Pariaman - Sumatra Barat mengikuti lomba menjelajah alam (cross country) dengan berbagai kegiatan pendukung. Lomba ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, 27 - 29 November 2021. 



Pengucapan Pancasila dan Dasa Dharma Pramuka


Ketika melepas peserta lomba secara resmi, Sabtu (27/11/2021), Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM menyatakan apresiasi yang tinggi kepada Kwarcab 0305 atas penyelenggaraan iven ini sebagai bukti selalu mencetak generasi yang tangguh, sanggup menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak dan tidak gentar menghadapi rintangan, peduli serta siap berkorban untuk sesama. 


"Untuk itulah hakikatnya lomba cross country ini dilaksanakan sebagai ajang bagi adik-adik pramuka dalam menguji sampai di mana batas kemampuan diri adik-adik setelah ditempa sekian lama di pangkalan masing-masing," ulas Rahmang.



Wakil Bupati Rahmang


Kepada para peserta, ia mengingatkan, jadilah sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang hebat, yang cepat tanggap dan cerdas, rawatlah kebhinekaan, pertahankan NKRI dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati. "Ingat, tantangan yang kita hadapi akan semakin berat dan kompleks, dunia berubah dengan cepat dan penuh dengan ketidakpastian," katanya lagi. 


Selanjutnya, Wabup Rahmang mengalungkan tanda peserta kepada dua perwakilan, Rio Saputra (pramuka penegak dari Gudep SMA 1 Sungai Geringging) dan Nabilla (pramuka penegak dari Gudep SMA 2 Sungai Limau) serta melepas keberangkatan tim.



Pelepasan peserta


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Cross Country II Febrian Kartinova SPd melaporkan, kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, 27 - 29 November 2021, star di halaman kantor bupati, melewati perkampungan penduduk, istirahat dan berkemah di pelataran Bendungan Irigasi Anai, besoknya melanjutkan perjalanan hingga finish di Lapangan Sepakbola Pasar Usang, Kecamatan Batang Anai. 


Simak Perbincangan dengan Ketua Panitia Pelaksana Febrian Kartinova SPd alias Fero


"Motto kegiatan yang kami pakai dalam Cross Country II tahun 2021 ini Satya-ku Kudharmakan, Dharma-ku Kubaktikan dengan tema Berprestasi untuk Negeri serta slogan kegiatan Berani, Cerdas dan Mandiri," ujar Fero, sapaan Febrian. 



Febrian Kartinova SPd


Ia menambahkan, peserta kegiatan, peserta Cross Country II tahun 2021 ini merupakan kontingen dari  14 Gugus Depan (Gudep) SMA/SMK di lingkungan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Padang Pariaman. Setiap gudep diwakili dua sangga, putra dan putri, masing-masing berkekuatan lima personel dengan peralatan lengkap. 


Upacara pembukaan Cross Country II ini dihadiri antara lain oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat yang diwakili Hendri SPd MPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Drs H Anwar MSi serta Ketua Kwarcab 0305 Dewiwarman Scot SH MH bersama jajarannya. 



Menjelang upacara pembukaan dimulai, Dewiwarman bahkan sempat membangkitkan semangat para peserta dengan pidato singkat tetapi terdengar membahana. (ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama