Monev Pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Lubuk Basung, Wabup Agam : Ujian Ini Mengukur Mutu Satuan Pendidikan


 

Agam, -Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah memonitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (7/10/21).

Dikesempatan tersebut, Wabup Agam didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Firzal dan Kasubag Protokol Setdakab Agam, Eki Marlinda.

Irwan Fikri Dt Parpatiah mengatakan, hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan ANBK yang telah dilaksanakan sejak Senin kemarin, dengan harapan pelaksanaannya berjalan lancar hingga selesai.

“ANBK ini merupakan ujian untuk mengukur mutu satuan pendidikan, sehingga nanti kita dapat mengetahui dimana kekurangan-kekurangan untuk diperbaiki di masa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Agam, Firzal mengatakan, ANBK ini merupakan pengganti UNBK yang nilainya dikeluarkan per siswa.

“ANBK nilainya dikeluarkan untuk satuan pendidikan, sehingga pesertanya tidak hanya siswa tapi juga kalangan guru dan kepala sekolah,” sebutnya.

Namun, yang ikuti ANBK ini tidak seluruh siswa, tapi dipilih dan ditentukan oleh Kemendikbud Ristek.

Dijelaskannya, sekolah yang berstatus penggerak peserta utamanya 90 orang tambah cadangan 10 orang dari kelas VII dan VIII, sedangkan sekolah lain 45 orang tambah cadangan 5 dari kelas VIII.

Diutarakan, untuk materi ujian siswa yaitu literasi, numerasi, survei lingkungan belajar dan survei karakter. Khusus guru dan kepala sekolah hanya survei lingkungan belajar.

“Ujian dilaksanakan per hari dua hingga tiga sesi, sesuai ketersediaan perangkat komputer si sekolah itu. Berkemungkinan nilai ANBK ini keluar paling lambat pekan depan,” tukasnya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama