Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan KIE Keamanan Pangan


Lubuk Alung, CanangNews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan Angkatan IV, V dan VI bertempat di aula Hotel Minang Jaya - Lubuk Alung, Selasa -  Kamis (26 - 28/10/2021.  Kegiatan ini dibuka Kepala Dinkes Drs H Yutiardy  Rivai Apt dengan narasumber Drs  Zulkifli Apt dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang. 


Ketika memberikan pengarahan, Yutiardy meminta semua peserta menyimak pemaparan narasumber dengan penuh perhatian, selanjutnya menerapkan dalam aktivitas sehari-hari, khususnya dalam memilih bahan masakan, cara memasak dan menghidangkan. Tidak hanya untuk diri dan keluarga, tetapi juga sebagai pembuat dan penjual jajanan anak sekolah. 


"Selain itu, kami juga mengharapkan seluruh peserta menyampaikan informasi dan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan ini kepada para tetangga dan masyarakat sekitar. Sebab, kami tidak mungkin menghadirkan seluruh warga mengikuti KIE KP ini," katanya lagi. 


Ia juga mengingatkan, Kabupaten Padang Pariaman termasuk lokasi fokus (lokus) pencegahan dan penanganan stunting. Oleh karena itu, keluarga dan masyarakat agar memperhatikan kesehatan ibu hamil dan menyusui serta bayi pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) mereka.


Sebelumnya, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Zairil SKM MKes melaporkan, KIE KP ini bertujuan untuk meningkatkan  pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang pangan aman dengan sasaran 600 peserta. Pada tahap pertama, dilaksanakan selama tiga hari, 27 – 29 September 2021, diikuti 180 peserta, dibagi menjadi 60 peserta / hari, 


"Begitu pula tahap kedua ini, juga diikuti 180 peserta, dibagi menjadi 60 peserta / hari. Peserta terdiri dari pengawas pangan / tenaga promkes puskesmas, kader posyandu, pedagang pangan siap saji / jajanan anak sekolah serta unsur wartawan / pers. (ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama