TP PKK Agam Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

0


 

Agam, -Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam menggelar sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana bagi Tim Penggerak PKK kecamatan se-Agam, Selasa (7/9) di kantor PKK Agam setempat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam melalui Ketua Pokja IV, Ny Ningsih Hendri Rusdian, saat membuka acara tersebut, mengatakan, Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana itu merupakan program dari PKK nasional yang baru-baru ini di sosialisasikan kepada seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

“Jadi, kita di daerah harus mensosialisasikannya secara berjenjang dari tingkat kecamatan sampai ke nagari,” ujarnya.

Dikatakan, program diinisiasi TP PKK pusat yang terletak pada bidang Pokja IV.

Gerakan ini akan menyasar ranah kesehatan, lingkungan hidup dan perencanaan sehat bagi keluarga. Gerakan ini merupakan sebuah gagasan untuk menumbuhkan kesadaran yang melibatkan keluarga dan masyarakat secara langsung.

“Membina masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri, serta tanggap dan tangguh menghadapi berbagai tantangan,” katanya.

Menurutnya, salah satu permasalahan kesehatan yang semakin menurun akibat Covid-19, juga masih tingginya angka stunting, dan kebiasaan masyarakat yang belum mencerminkan hidup sehat.

Terkait perencanaan sehat bagi keluarga, Ny. Ningsih mengatakan masih banyak persepsi keliru masyarakat akibat ketidaktahuan rencana untuk keluarga sehat.

Nantinya, tambah Ny. Ningsih, setiap kecamatan akan menunjuk salah satu nagari untuk dijadikan pilot project dalam gerakan keluarga sehat, tanggap, dan tangguh bencana.

Terkait pelaksanaan sosialisasi tersebut, tambahnya, akan dibagi menjadi dua sesi, 7 dan 9 September.

“Hari ini diikuti kecamatan yang berada di Agam wilayah barat dan 9 September bagi PKK Agam wilayah timur,” imbuhnya. (*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top