Peresmian Kantor Bank Nagari Sikabaluan Disambut Turuk Laggai Sukat Sikerei

 

DOK.Salim Sedang Melaksanakan Ritual Sukat Penyambutan Rombongan  

Sikabaluan Canangnews,Acara peresmian kantor Bank Nagari muara sikabaluan di sambut dengan turuk laggai uliat bilou yang dikolaborasi langsung dengan masisukat punen (berkat pesta) agar kegiatan berjalan dengan lancar.Selasa 14/09/2l

Ada tiga macam benda yang dijadikan sebagai sukat atau berkat ketika hendak menyambut rombongan porkopimda sekaligus dari bank Nagari sendiri.

Salim salah satu,Sikerei yang melaksanakan atraksi panogai  simagere (roh) dalam acara tersebut mengangkat salah satu  wadah yang dipercaya akan memberikan cuaca yang baik bila dilaksanakan.

 Hal tersebut tidak berlangsung lama kerena turuk yang dibawakan berkolaborasi dengan lonceng yang mengundang roh untuk hadir memberikan berkat tersebut sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Dengan ketukan kaki yang sesuai Salim memberikan isyarat kepada juru katheubak (gendang Mentawai) untuk mengatur langkah saat memberi sukat tersebut.

Dengan kolaborasi lonceng (jojoinong) panogai simagere dan sukat akhirnya berjalan dengan lancar,terlihat Salim seakan kesurupan karena efek tersebut.

Diakhir turuk Salim dan satu orang temannya mengarah kepada rombongan untuk mengalungi beberapa orang sebagai syarat penyambutan sehingga berjalan dengan lancar.

Semangat Sikerei akhirnya berbuah manis,Salim mendapat dorprise sebuah tv ukuran 45 inci dari salah satu pencinta turuk laggai mentawai.(JS)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama