Bupati Suhatri Bur Dampingi Wagub Audy Joinaldy Serahkan 60 Unit Mesin Tempel 15 PK

0

Katapiang, CanangNews - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mendampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan penyerahan 60 paket bantuan mesin tempel 15 PK kepada Kelompok Nelayan Katapiang, Kamis (16/9/2021) di Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai.


Dalam kata sambutannya, Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengatakan, di antara program unggulan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yakni meningkatkan pertanian secara luas, termasuk sektor perikanan.


"Dengan adanya bantuan ini semoga dapat memudahkan akses nelayan untuk mencari hasil tangkapan yang lebih banyak sehingga pendapatan meningkat dan membuat perekonomian menjadi lebih baik. Di antara sektor yang perlu didorong dan memiliki potensi besar memang bidang perikanan, terutama di Padang Pariaman yang memiliki pantai cukup panjang sehingga ini dapat menjadi peluang besar untuk memajukan perekonomian dengan harapan hasilnya lebih optimal," ujar Audy.



Sebelumnya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih atas anggaran mesin tempel 15 PK untuk nelayan Katapiang. Semoga dengan adanya bantuan ini menjadikan pendapatan nelayan dapat bertambah dengan adanya dukungan dari pemerintah.


"Kita juga berterima kasih kepada putra daerah Katapiang, Pak Haji Muhammad Nurnas, sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat telah memasukkan program bantuan untuk nelayan ini dalam pokok-pokok pikiran (pokir)-nya sehingga pada hari ini dapat diserahkan 53 mesin tempel 15 PK ini, semoga ini dengan adanya mesin ini dapat menambah keingina nelayan untuk melaut sehingga pendapatan bertambah perekonomian menggeliat," katanya lagi.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat  Dr Desniarti melaporkan, pemberian bantuan ini merupakan program pemerintah dengan sasaran pembangunan untuk peningkatan sektor perikanan.


"Penyerahan mesin ini juga sebagai bentuk upaya pengembangan perikanan tangkap, juga sebagai tenaga bantu, sehingga jangkauan penangkapan sampai 4 mil sehingga pendapatan lebih meningkat. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat menganggarkan mesin tempel ini sebanyak 234 unit,  khusus untuk Padang Pariaman mendapat 60 unit, 53 unit di antaranya pokok pikiran dari Pak Nurnas. Kami pesankan kepada kelompok yang menerima paket untuk manfaatkan mesin tempel dengan sebaik-baiknya. Jangan dialihtangankan atau diperjualbelikan," ulas Desniarti.


Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat Haji Muhammad  Nurnas ST menyebutkan, penyerahan mesin ini mungkin bisa dibilang terlambat, namun meskipun terlambat mesin ini masih bisa diserahkan.


"Direncanakan setelah mesin 15 PK nantinya juga akan diadakan Gilbet dan fish box. Kami mengajak Bupati meningkatkan perekonomian Sumatera Barat  terutama di Kabupaten Padang Pariaman dengan memajukan sektor perikanan mengingat Kabupaten Padang Pariaman memiliki pantai yang panjang sehingga memiliki potensi yang besar pada hari ini sebanyak 11 kelompok nelayan yang terdiri 175 orang yang akan menerima mesin ini. Semoga dapat meningkatkan hasil tangkapan dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan dan juga menumbuhkan perekonomian," kata Nurnas.


Penyerahan bantuan mesin tempel 15 PK sebanyak 53 unit dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini dikoordinir oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Zainil Sikumbang yang dibantu Kepala Bidang Perikanan Tangkap Asril. (RZ/AWT/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top