Wujudkan Muadzin Terbaik, Gempar Gelar Lomba Azan


 

Agam, -Semarakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, Generasi Matur Pembaharu (Gempar) Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, menggelar lomba Azan bagi seluruh pelajar dari tingkat SD hingga SMP di wilayah setempat. 


Ketua Gempar Melvi Wardi, Senin (19/7/21) mengatakan, selain menyemarakan Hari Raya Idul Adha, kegiatan tersebut bertujuan memotivasi generasi muda mewujudkan calon mu'adzin terbaik dimasa mendatang.


"Kegiatan ini kita buka selama 1 bulan yaitu secara online, peserta yang terdiri dari pelajar SD dan SMP bisa mengirimkan video azannya," ujarnya.


Dikatakan, dalam penilaian, pihaknya melibatkan juri yang pakar di bidang tajwid dan irama dari luar daerah. Seluruhnya dinilai dengan objektif dan sesuai kemampuan peserta.


"Dalam penilaian kita melibatkan juri dari Batusangkar, setelah nilai keluar, akan kita umum kan 1 hari menjelang shalat ID dan penyerahan di lakukan sesudah shalad ID di laksanakan Di Mesjid Raya Matur," lanjutnya.


Bagi peserta yang di memiliki nilai tertinggi 1, 2 dan akan diberikan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan."Untuk juara 1 kita berikan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 750 ribu dan juara 3 sebesar Rp 500 ribu," terangnya.


Gagasan kegiatan lomba azhan secara online ini dilakukan mengingat kondisi Covid-19 yang sedang melanda kabupaten Agam, sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung. 


"Meski pandemi tentu harus tetap ada kegiatan positif, kami mendapat ide bagaimana dilaksanakan secara online, ternyata banyak yang ikut," ucapnya.


Dalam melaksanakan kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Ketua DPRD AGAM, Sekolah Islam Al-Azhar BKT dan  Payakumbuh, Lawang Park serta DHN ADVERTISSING Pekan Baru.


"Alhamdulillah kegiatan positif kita mendapat dukungan dari berbagai pihak, ini akan kita jadikan agenda rutin tahunan," tukasnya.


Hal tersebut dilakukan, tidak terlepas dari program Bupati Agam, Andri Warman untuk mewujudkan Kabupaten Agam Maju, Masyarakat Sejahtera, menuju Agam yang Mandiri, Berprestasi yang Madani. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama