Diduga Diskriminasi Pelayanan, Masyarakat Desak PJ Walinagari Kinali Mundur


 

Pasaman Barat, -Ratusan masyarakat melakukan aksi damai di halaman kantor Walinagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (26/7/2021). Hal tersebut dilakukan guna mendesak penjabat (PJ) Walinagari sekarang agar mundur dari jabatan.


Dikesempatan itu, orator aksi masa damai, Firdaus dengan tegas menyampaikan permintaan kebijakan dari Pj Wali nagari Kinali telah meresahkan masyarakat dan diduga melakukan diskriminasi terhadap pelayanan masyarakat.


"Aksi damai ini berjalan dengan lancar karena kebijakan yang diambil dari PJ Wali Nagari sangat meresahkan masyarakat barisan cucu kemenakan. Ia dengan turut mengakui adanya raja kerajaan di Kinali dan ninik mamak tandingan sebagai KAN yang baru," ungkapnya.


Dengan  hal itu sangat berdampak luas terhadap sosial masyarakat. Untuk itu mereka meminta untuk mengkaji sikap yang telah diduga dilakukan Pj Walinagari Kinali tersebut.


"Semoga ini tidak ada salah pahaman terhadap masyarakat luas kebijakan PJ Wali Nagari Kinali. Hal ini Kami minta pemerintah daerah segera melakukan pengkajian," ujarnya.


Firdaus sebagai Orator aksi meminta kepada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi segera mencopot Pj Walinagari Kinali ini. Jika tuntutan kami  tidak ditanggapi perencanaan  aksi damai akan mendirikan tenda sampai permintaan diterima," kata Firdaus.


"Kami dari perwakilan masyarakat barisan cucu kemenakan meminta Bupati Pasaman Barat agar segera mencopot saudara Muslim dari jabatan nya sebagai Pj Walinagari. 


Jika tidak ada tanggapan, kami akan tetap bertahan disini sampai ada sikap tegas dari bupati, kapan perlu kami akan dirikan tenda disini," ungkapnya.


Sementara itu Pj Walinagari Kinali Muslim menerangkan sebagai kepala Pemerintah Nagari Kinali dirinya tak bisa memenuhi tuntutan yang disampaikan oleh para pengunjuk aksi damai tersebut.


"Saya hanya berpedoman pada aturan yang disampaikan bupati dan saya tegaskan tidak ada diskriminasi. Semua pelayanan tidak dibeda-bedakan. Jika tidak ada yang berkenan silahkan melalui mekanisme yang ada," ujarnya.


Sekitar Ratusan masyarakat Aksi damai didepan kantor wali nagari  dijaga sangat ketat, dari puluhan aparat gabungan TNI dan Polri. Kapolsek Kinali AKP Defrizal mengatakan pihak nya menjaga keamanan dan ketertiban serta mengutamakan protokol kesehatan. 


"Firdaus menyapaikan Aksi tersebut mengutamakan protokol kesehatan berjalan dengan lancar aman dan terkendali," ungkapnya. (Robi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama