Teu Appalek Sikerei Simatalu Monganpoula


Sikabaluan Canangnews,Sikerei Di Sikabaluan sudah mulai hilang,kebanyakan di pelosok daerah Mentawai yang masih tergolong kental mulai dari adat hingga kebiasaan lainnya yang sudah berlangsung lama sejak awal.


Hal tersebut terpantau oleh Canangnews,ketika kelapangan tepatnya di desa monganpoula salah seorang Sikerei tua dengan antributnya yang lengkap memperlihatkan bagaimana aksesorisnya yang dari dulu sudah ada Selasa 8/06/21.

Teu appalek sebutan nama yang sering di ucapkan oleh warga sekitar monganpoula terhadap beliau yang sudah lama menjadi Sikerei ahli obat pada saat itu memang diakui memiliki ilmu spritual yang luar biasa.

Dari keterangan beliau bahwa banyak pengalaman menarik bagi seorang Sikerei salah satunya dapat melihat penyakit pada tubuh seseorang demikian pula dengan roh halus atau hantu yang singgah atau sedang beraktivitas.

Dirinya berharap budaya tradisi tersebut dapat turun temurun terlebih tatto yanhasih melekat dibadannya tidak sembarang dengan makna masing masing.(JS) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama