Dede Desmana : Kader KNPI Pessel Harus Lebih Berperan Aktif

0

 

Dede Desmana, Sekretaris DPD KNPI Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, CanangNews - Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) yang dilaksanakan secara serentak di 31 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) telah menghasilkan pemimpin baru tingkat nagari periode 2021-2027. Dari proses Pilwana serentak tersebut, beberapa kader muda Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pessel berhasil terpilih sebagai Wali Nagari.


Sekretaris DPD KNPI Pessel, Dede Desmana, S.Kom, MM, menyampaikan, bahwa kesempatan harus diberikan kepada generasi muda untuk bisa memimpin. Sebagai generasi penerus pewaris kepemimpinan bangsa, pemuda harus terus pro aktif dan turut berkontribusi dalam membangun daerah.


Beberapa kader KNPI Pessel dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi Wali Nagari. Kader-kader yang terpilih hendaknya bisa bekerja maksimal dalam melayani masyarakat, dan mendukung program pemerintah daerah.


"Kami pengurus DPD KNPI Kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan selamat atas terpilihnya kader KNPI, semoga bisa menjadi pemimpin yang amanah dalam menjalankan tugasnya.” katanya pada media, Jumat (11/6).


Lebih lanjut, Dede Desmana menyampaikan, untuk kedepannya DPD KNPI Pessel akan lebih memberikan peran yg strategis, mengawasi serta mendorong pembangunan dan program kerja pemerintah. Kader-kader KNPI Pessel harus lebih berperan aktif lagi baik dari tingkat kecamatan sampai tingkat Kabupaten.


Sejak diberlakukannya Undang Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa, proses pemilihan di tingkat nagari dilaksanakan secara langsung sebagai demokrasi langsung dan partisipasi masyarakat dalam menentukan pemimpin nagari.


Pilwana yang dilaksanakan secara langsung membawa pesan agar masyarakat terlibat secara aktif dalam menentukan ‘sosok’ yang akan menjadi manajer nagari selama 6 tahun.


“Seorang Wali Nagari mesti paham manajemen pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan strategi pembangunan. Tujuan akhirnya adalah menjadi nagari mandiri,” tutupnya. (can)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top