Wabup Rahmang Buka Bimtek PPWN Serentak Tahun 2021

 


Pariaman, CanangNews - Wakil Bupati (Wabup) Drs Rahmang MM membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) Serentak Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman di aula suatu hotel di Kota Pariaman, Senin  (24/5/2021) serta dihadiri Kepala DPMD, Erman Sos MM.


Pemilihan walinagari, kata Wabup, dilaksanakan berdasarkan aturan yang telah tertera pada UU No 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Bupati nomor 6 tahun 2016 taentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wali Nagari.


"Pelaksanaan pemilihan wali nagari akan dilakukan secara serentak di 29 nagari yang ada dikabupaten Padang Pariaman pada tanggal 31 Oktober 2021," ujarnya.



Dalam arahannya, Wabup Rahmang mengingatkan kepada seluruh peserta bimtek untuk dapat melaksanakan tugas dengan menjaga netralitas dan bekerja sesuai aturan dan dasar hukum yang berlaku


"Saya sangat mengapreasiasi seluruh peserta bimtek yang hadir saat ini, bagi saya saudara adalah orang-orang terpilih yang akan mengemban tugas mulia sebagai panitia pelaksana pemilihan wali nagari serentak," ulas Rahmang.



Panitia pelaksana, lanjut dia, harus menjunjung tinggi netralitas serta memiliki mental dan prinsip yang kuat dan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditentukan karena semuanya telah memiliki dasar hukum. "Semoga kita semua dapat menjalankan amanah dengan baik dan sukses," tutur Rahmang lagi. 


Sebelumnya, Kepala DPMD Erman S Sos MM melaporkan, bimtek ini diikuti 29 PPWN dengan 174 peserta. "Namun, kami membagi peserta tiga angkatan," ujarnya. 



Hari pertama, Senin (24/5/2021), lanjut Erman, bimtek diikuti 9 PPWN dengan 54 peserta. Yakni PPWN Koto Baru, Batu Kalang dan Koto Dalam (Kecamatan Padang Sago), Kuranji Hilir dan Pilubang (Sungai Limau), Koto Tinggi, Parikmalintang dan Pakandangan (Anam Lingkuang) serta Sunua (Nan Sabarih).


Hari kedua, Selasa (25/5/2021), bimtek diikuti 10 PPWN dengan 60 peserta. Yakni PPWN Ulakan (Ulakan Tapakih), Kapalo Hilalang (2x11 Kayutanam), Gunuang Padang Alai, Kudu Gantiang dan Limau Puruik (V Koto Timur), Campago dan Sikucua (VKoto), Sintuak dan Toboh Gadang (Sintuak Toboh Gadang / Sintoga) serta Kuranji Hulu (Sungai Garinggiang).



Selanjutnya, hari ketiga, Kamis (27/5/2021),  bimtek juga diikuti 10 PPWN dengan 60 peserta. Yakni PPWN III Koto Aua Malintang Utara dan III Koto Aua Malintang Selatan (IV Koto Aua Malintang), Balah Aie, Sungai Sariak dan Lareh Nan Panjang (VII Koto), Gasan Gadang dan Malai V Suku (Batang Gasan) serta Sicincin, Lubuak Pandan dan Sungai Asam (2x11 Anam Lingkuang).  (R/ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama