Sambangi Agam, DPRD Tanah Datar Diskusi Tatalaksana Pasar Serikat

0


 

Agam, (Sumbar)-Komisi II dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar pelajari regulasi Pemerintah Daerah dalam mengatur Tatalaksana Pasar Serikat ke Kabupaten Agam.

Diskusi tatalaksana tersebut berlangsung saat kunjungan kerja DPRD Kabupaten Tanah Datar ke DPRD Kabupaten Agam, Jumat (5/2).

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tanah Datar, Agus Taufik menyebut pengelolaan pasar di Tanah Datar terutama pasar serikat belum bisa terlaksana. Pihaknya masih mencari solusi pengelolaan pasar dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pelaksanaan pasar dengan DAK dari Kementerian Perdagangan saat ini belum bisa dilaksanakan, karena banyaknya persoalan- persoalan. Bagaimana kondisi di Kabupaten Agam? Kami masih mencari solusi mengatasi hal tersebut,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pasar Dinas Koperindag UMKM Kabupaten Agam, Reza Oktafiendi memaparkan pengelolaan pasar serikat, salah satunya revitalisasi pasar di Kabupaten Agam.

Disebutkannya, di Kabupaten Agam telah dilakukan pembangunan sebanyak 18 pasar dengan 21 kali pembangunan mengunakan dana APBD maupun dana DAK.

“Kabupaten Agam mempunyai 38 pasar di 16 kecamatan termasuk 8 pasar serikat,” sebutnya.

Dalam pengelolaan pasar tersebut, jelasnya, Kabupaten Agam berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar. Selanjutnya, pemerintahan nagari membuat peraturan bersama nagari dalam hal pengelolaan pasar.

Manajemen pengelolaan pasar terpisah dari pemerintah nagari, terutama yang diselesaikan adalah penetapan status lahan pasar tersebut dangan penyerahan hak atau alas hak pasar ke pengelola pasar.

“Agam juga elakukan pembinaan-pembinaan kepada pengelola pasar terutama dalam laporan keuangan supaya pemasukan pasar tidak dinikmati oleh sekelompok orang,” ungkap Reza.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam, Irfan Amran mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut. Dikatakan, semoga kunjungan kerja itu dapat mempererat silaturrahmi.

“Kami mengapresiasi dan kami di DPRD Agam selalu siap menerima kunjungan dari tamu luar daerah,” ucapnya.

Rombongan Anggota DPRD Tanah Datar itu disambut Wakil Ketua Irfan Amran dan Sekretaris DPRD Kabupaten Agam, Indra beserta jajaran sekretariat. (AY)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top