Peringati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Biaro Ajak Warga Cegah PTM


 

Agam, (Sumbar)-Dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap 4 Februari, Puskesmas Biaro mengajak masyarakat setempat untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) sejak dini.

Kepala Puskesmas Biaro, dr. Anisa Sofyana melalui PJ Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Zuraida, S.Tr.Keb mengatakan penyakit kanker termasuk salah satu PTM yang paling banyak menyebabkan kematian.

“Untuk itu perlu kiranya masyarakat proaktif mengatasi faktor risiko kanker sejak dini,” ujarnya kepada AMC, Kamis (4/2).

Disebutkan, selain kanker, ada 5 PTM lainnya yang banyak menyebabkan kematian, seperti Kardiovaskular, Diabetes, Ganguan Pernapasan Kronis, Penyakit Ginjal dan Gangguan Mental.

“Kanker merupakan urutan ketiga dari PTM yang paling banyak menyebabkan kematian,” sebutnya.

Menurutnya, penyakit tidak menular memang tidak bisa dicegah sepenuhnya. Namun, risiko untuk terkena penyakit bisa dikurangi dengan cara menjauhi faktor risikonya.

“Cara mencegahnya bisa melalui penerapan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan rutin olahraga atau menjalani aktivitas fisik,” terangnya.

Selain itu, imbuh Zuraida, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan juga sangar penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendeteksi penyakit tidak menular sedini mungkin.

“Sehingga dokter dapat menentukan langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit tersebut,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengunjungi Posbindu terdekat sebagai pusat pendeteksian faktor resiko PTM.

“Ayo kunjungi Posbindu terdekat guna melakukan pengecekan risiko penyakit tidak menular sejak dini,” ujarnya mengimbau. (PN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama