Martias Wanto Jalani Vaksinasi Dosis Pertama


 

Agam,-Plh Bupati Agam, Martias Wanto Dt Maruhun menjalani vaksinasi dosis pertama, di Puskesmas Lubuk Basung, Rabu (24/2).

Saat bersamaan, Kepala Dinas Satpol PP-Damkar Agam, Kurniawan Syah Putra juga menerima vaksin dosis pertama, serta Danramil 03 Lubuk Basung, Isman vaksin dosis kedua.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa menerima vaksin sinovac untuk dosis pertama,” ujar Martias Wanto.

Ia menyebut ingin divaksin pada pencanangan vaksinasi tingkat Kabupaten Agam 1 Februari 2021, tapi sesuai juknis ia tidak bisa divaksin karena riwayat hipertensi.

Setelah terjadi perubahan juknis, secara khusus ia yang sebelumnya hipertensi sekarang sudah diperbolehkan divaksin.

“Dengan berubahnya juknis ini, maka diharapkannya capaian vaksinasi tenaga kesehatan di Agam bisa meningkat, yang hingga kini baru capai 71,97 persen,” tutur Martias Wanto.

Secara umum, katanya, pelaksanaan vaksinasi tahap I untuk tenaga kesehatan di Agam sesuai rencana tanpa kendala cukup berarti, jika ada satu atau dua orang nakes masih merasakan takut, menurutnya tidak terlalu mempengaruhi.

“Kita akan terus berikan pemahaman, karena nanti kalau nakes tidak divaksin dengan alasan takut, dikhawatirkan bisa saja tidak diperbolehkan melayani pasien, sehingga tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik akibat tidak divaksin,” ulasnya.

Disamping itu, ia juga sudah menerima arahan dari pemprov terkait pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, karena vaksinnya sudah sampai di Sumbar. Vaksinasi tahap kedua ini untuk pelayan publik seperti Satpol PP-Damkar, BPBD, Polri dan TNI.

“Jika sudah ada aba-aba dari Pemprov Sumbar untuk jemput vaksin, kita akan segera menjemputnya,” ulasnya. (AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama