Dalduk KB PP PA Agam Pasang Pesan Ramah Anak di Taman Bermain GOR Basamo Mangko Manjadi

0


 

Agam, (Sumbar)-Taman di Kompleks Gedung Olahraga (GOR) Basamo Mangko Manjadi Rang Agam terus menunjukkan eksistensi sebagai lokasi bermain ramah anak.

Pasalnya Dinas Dalduk KBPP dan PA Kabupaten Agam memasang sejumlah pesan yang ditujukan untuk pemenuhan hak anak.

Pantauan di Taman Bermain Kompleks GOR Rang Agam pada Sabtu (6/2), tampak sejumlah plang yang berisi pesan-pesan ramah anak.

Di antaranya ada plang bertuliskan Magrib Mengaji, Untuk Pendidikan Rohani Anak Kita dan plang bertuliskan 8 Fungsi Keluarga.

Sekretaris Dinas Dalduk KBPP dan PA Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian menuturkan secara bertahap kawasan bermain di Kompleks GOR Rang Agam akan menuju lokasi ramah anak. Hal itu sesuai dengan rencana pembangunan ibu kota ramah anak.

“Secara bertahap, pengembangan ruang publik di Kabupaten Agam akan merujuk kepada pemenuhan hak-hak anak. Salah satunya pengembangan kawasan ibu kota di Komplek GOR Rang Agam ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejak tahun 2017 wacana dan upaya pemenuhan hak-hak anak sudah mulai menggeliat di Kabupaten Agam.

Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak.

“Salah satu wujudnya adalah dengan memberikan dukungan sarana dan prasarana yang merujuk pada pemenuhan, perlindungan, dan menghormati hak anak,” terangnya.

Menurutnya, pemenuhan hak-hak anak merupakan usaha holistik dari banyak pihak. Disebutkannya, selain pemerintah, pihak swasta, lembaga swadaya masyarakat, insan pers dan masyarakat juga mempunyai peran dalam pemenuhan hak-hak anak.

“Tujuan pemenuhan hak anak pada dasarnya adalah agar anak terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera,” jelasnya.

Seperti plang berisi pesan yang dipasang Dinas Dalduk KBPP dan PA Kabupaten Agam ini, imbuhnya, selain untuk pemenuhan sarana dan prasarana ramah anak, juga untuk kembali mengingatkan orang tua akan hak-hak anak yang harus dipenuhi.

“Untuk itu, pesan-pesan itu kami pampang di taman bermain, sehingga akan terbaca oleh orang tua, apa tugas dan fungsinya, serta apa saja hak-hak anak itu,” ujarnya. (PN)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top