Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19, Disdukcapil Agam Bahagiakan Masyarakat Dengan Siskamling Everyday

Kadis Dukcapil Agam, Drs. Misran, M.Pd



Agam, -Bentuk dukungan untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang diselenggarakan 9 Desember 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Agam melakukan inovasi sistem perekaman keliling setiap hari (Siskamling Everyday). Hal tersebut dilakukan dengan cara melayani administrasi kependudukan terhadap masyarakat setempat tanpa mengenal hari libur.

Kepala Dinas Dukcapil Agam, Misran (8/12) mengakatan, terobosan tersebut dilakukan karena Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang ikut serta dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Siskamling Everyday diselenggarakan mulai 29 Oktober hingga 6 Desember 2020, dengan cara setiap hari turun ke lapangan untuk melayani masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan, seperti di beberapa kantor camat dan walinagari yang ada di wilayah setempat.

Suasana saat warga usai mengurus administrasi kependudukan (e-KTP)

"Meski ditengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat kami untuk selalu membahagiakan masyarakat dalam pesta demokrasi, dengan terus melahirkan terobosan baru agar pelayanan administrasi kependudukan tidak terganggu," ungkap Misran saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakan, dengan rujukan peraturan daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pihaknya menerapkan protokol kesehatan (Protkes) penanganan Covid-19 bagi masyarakat yang melakukan kepengurusan administrasi kependudukan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Dengan begitu, Siskamling Everyday maupun pelayanan di Kantor Disdukcapil Agam, tetap berjalan seiring penerapan Protkes penanganan Covid-19. Hingga Senin, 30 November 2020 kemarin, sebanyak 5.971 KTP masyarakat yang telah direkam," ujarnya.

Suasana saat Siskamling Everyday berlangsung

Misran mengimbau, bagi masyarakat Kabupaten Agam yang belum memiliki KTP agar segera mengurusnya. Karena e-KTP merupakan salah satu syarat untuk dapat memberikan hak suara pada Pilkada serentak 2020 yang akan datang. "Jangan sampai hilang suaranya karena satu suara, sangat menentukan untuk kemajuan daerah dikemudian hari," ulasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam menjalankan inovasi Siskamling Everyday pihaknya juga dibantu oleh instansi lain seperti diantaranya, Polres, TNI, Pol PP dan Dinas Pehubungan. Bahkan, KPU Agam dan Bawaslu Agam juga ikut mendampingi.

Ketua DPRD Agam, Novi Irwan

Dilain itu, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan mengungkapkan apresiasinya terhadap inovasi Siskamling Everyday yang telah dilakukan Disdukcapil Agam. "Selain itu, kami juga mendorong Disdukcapil Agam agar selalu melahirkan inovasi dan terobosan baru untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan," tuturnya.


Walinagari Kamang Mudiak, Edison

Senada, Walinagari Kamang Mudiak, Edison juga mengapresiasi dan berterimakasih atas terobosan baru yang dilakukan Disdukcapil Agam. Menurutnya, dengan Siskamling Everyday masyarakat yang terjauh dari kantor kantor pelayanan sangat dimudahkan. 

"Adanya inovasi Siskamling Every Day, sangat membantu masyarakat, dan tidak harus jauh jauh ke Kantor Disdukcapil di Kecamatan Lubuk Basung, cukup melengkapi berkas dan datang ke pelayanan keliling ke setiap kecamatan di wilayah setempat," pungkasnya.










 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama