Launching Nagari SBB sebagai Desa Sadar Kerukunan Antar Umat Beragama

Parikmalintang, CanangNews - Bupati Padang Pariaman diwakili  Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Drs H ldarusalam menghadiri peresmian / launching Desa Sadar Kerukunan Antar Umat Beragama, di Nagari Sungai Buluh Barat Kecamatan Batang Anai, Senin (28/12/2020).

Launching dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Barat H Hendri SAg MPd.

Pada kesempatan itu, Idarusalam membacakan kata sambutan bupati, kerukunan sangatlah penting dalam masyarakat. Hal itu adalah kunci agar kita bisa maju.

"Padang Pariaman merupakan kabupaten yang mayoritas  masyarakatnya beragama Islam. Meski demikian, Nagari Sungai Buluh Barat (SBB), Kecamatan Batang Anai, merupakan satu dari 103 nagari di kabupaten  di mana masyarakatnya hidup berdampingan dengan dua keyakinan yang berbeda. Setengah dari penduduk Nagari SBB ini beragama Nasrani dan separuhnya lagi beragama Islam," kata Idarussalam. 

Oleh karena itu, ia mengemukakan harapan, program Desa Sadar Kerukunan Antar Umat Beragama ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Kita berbangsa, bersuku, beragama dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika. Artinya, kita harus hidup saling bertoleransi tidak membeda-bedakan suku dan agama untuk hidup rukun.  Dalam hidup bermasyarakat yang penting kita hidup aman, nyaman dan sejahtera," ujarnya lagi.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman Dr H Helmi Khatib MAg, Camat Batang Anai Suhardi, Walinagari SBB dan tokoh-tokoh masyarakat Nasrani dan Islam.

Acara ini ditutup dengan penyerahan piagam tanda dimulainya program tersebut. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama