Simulasi SOP Objek Wisata Religius Kawasan Makam Syekh Burhanuddin

0

Ulakan, CanangNews – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman menggelar simulasi standar operasional prosedur (SOP) objek wisata religius di Kawasan Makam Syekh Burhanuddin - Ulakan Tapakis, Sabtu (13/6/2020). Simulasi dilakukan sebelum dimulai pembukaan destinasi wisata di masa pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) ini untuk umum.

Kepala Disparpora Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi S Sos MM. menyebutkan, SOP ini disiapkan untuk tiga objek, yaitu bagi peziarah makam, jamaah Masjid Agung Syekh Burhanuddin dan para pedagang di sekitar kawasan makam. 

"SOP yang kami siapkan ini sudah mengacu kepada edaran Bupati Padang Pariaman terkait penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB PAC) dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Usai pelaksanaan simulasi SOP bidang pariwisata, dilanjutkan dengan pembukaan kunci pintu makam yang sebelumnya di masa awal pandemi covid-19 ditutup untuk kunjungan ziarah dengan pemasangan kunci pintu makam.

Pembukaan kunci pintu makam ini dilakukan oleh Kapolsek Nan Sabaris AKP Yusrizal Efendi  didampingi Danramil 07 Pauh Kamba Kapten Agus Lesmono, Camat Ulakan TapakisAli Amri dan Walinagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan Syofyan beserta para niniak-mamak dan Angku Kadi Ulakan.

Camat Ulakan Tapakis Ali Amri didampingi Kepala Seksi Seksi Ketentraman dan Ketertiban( Kasi Tramtib) Anesa Satria SH MM menghimbau agar pengelola dapat mematuhi protokol kesehatan covid-19 ini seperti menyediakan tempat cuci tangan, pengaturan jarak dan jumlah pengunjung serta menyiapkan thermogun untuk pengukuran suhu tubuh peziarah.

Sedangkan Kapolsek Nan Sabaris AKP Yusrizal Efendi SE. mengingatkan para peziarah yang berkunjung dan para pedagang yang berjualan di sekitar makam untuk dapat mengikuti SOP yang sudah ditetapkan. "Hal ini bertujuan untuk melindungi diri kita dan peziarah dari ancaman penyebaran covid-19 yang terus meningkat," ujarnya. (AS / ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top