DPPKB Padang Pariaman: Strategi Pelayanan Kontrasepsi Melalui Media Online

0

Padang Pariaman, CanangNews -- Sebagai upaya mengantisipasi baby boom (periode yang ditandai dengan peningkatan angka kelahiran yang signifikan) pada masa pandemic covid- 19, Dinas Pebgendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Strategi Pelayanan Kontrasepsi melalui media online, Kamis, (28/5/2020) pukul 09.00 - 12.00 WIB. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DPPKB Padang Pariaman dr H Aspinuddin yang sekaligus menjadi  narasumber dengan moderator Sekretaris DPPKB Yusra Zein, S Sos MM, difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Sedangkan peserta kegiatan ini adalah jajaran DPPKB, Korlap PKB, PKB serta Kader KB se-Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu, dr H Aspinuddin mengemukakan, dampak penyebaran wabah corona virus disease 2019 (covid-19) di Indonesia, termasuk Kabupaten Padang Pariaman, mempengaruhi berbagai aspek, tak terkecuali pada pelayanan KB. Di antaranya keterbasan akses ke fasilitas kesehatan (faskes) serta banyaknya klinik yang tidak siap menghadapi pandemi covid-19. 

Hal ini,  ulas dia, menyebabkan banyak pasangan usia subur (PUS) yang mengganti cara ber-KB dengan metode jangka pendek dengan risiko kegagalan tinggi, bahkan diskontinyu berpotensi terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

"Angka kehamilan dikuatirkan akan naik, bahkan bisa terjadi baby boom karena  memang terjadi penurunan alat kontrasepsi," ujar Dokter Jimi, sapaan Aspinuddin. mengutip pernyataan Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo SpOG (K).

Untuk engantisipasi hal tersebut,  katanya menambahkan, DPPKB Padang Pariaman melakukan beberapa strategi pelayanan KB pada masa pandemi covid-19. Antara lain dengan cara mengoptimalkan peran Korlap dan Penyuluh KB agar meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat supaya menunda kehamilan hingga kondisi pandemi berakhir. 

Ia juga menyebutkan, petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan KB dengan syarat menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap sesuai standar, petugas kesehatan. Dalam hal ini tetap memberikan pelayanan dengan mengutamakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) seperti IUD Pasca Plasenta /MOW serta PL KB. 

Selain itu, ia meminta Kader KB berkoordinasi dengan petugas kesehatan untuk  pemberian kondom dan pil KB, melakukan materi KIE serta melaksanakan konseling terkait kesehatan reproduksi dan KB secara online atau via telepon. 

Dokter Jimi pun mengingatkan Korlap dan PKB kecamatan agar lebih aktif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat supaya menunda kehamilan sampai kondisi pandemi berakhir. Akseptor KB sebaiknya tidak datang ke petugas kesehatan, kecuali yang mempunyai keluhan dengan syarat membuat perjanjian terlebih dahulu melalui saluran komunikasi seperti telepon, 

"Bagi Akseptor IUD / Implan yang sudah habis masa pakainya, jika tidak memungkinkan datang ke petugas kesehatan, dapat menggunakan kondom yang diperoleh dengan menghubungi PLKB atau kader KB melalui telepon," ujar Jimi memberi saran. 

Kepada Penyuluh dan Petugas Lapabgan KB, Dokter Jimi minta agar melakukan koordinasi dengan faskes terdekat dan PMB (praktek mandiri bidan ) dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pelayanan KB. 

"Kami terus berupaya menggenjot peningkatan kepersertaan ber- KB untuk antisipasi terjadinya gelombang baby boom di masa yang akan datang. Tentunya demi kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman pada masa pandemic covid 19, baik jangka pendek maupun jangka panjang," katanya mengakhiri. (Nur Octavia S/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top