Ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Agam Salurkan Bantuan Pangan

0


AGAM, -Menyikapi langkah yang diambil untuk menerapkan social dan physical distancing saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bupati Agam Dr. H. Indra Catri menyalurkan bantuan sandang pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah itu.
Bantuan disalurkan secara simbolis kepada masyarakat Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu. Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek dan Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Rabu (1/4).
Indra Catri menyebutkan, bantuan disalurkan kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan akibat dampak Covid-19. Terutama bagi yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di luar penerima bantuan PKH.
“Kabupaten menyediakan bantuan beras dan garam. Sedangkan nagari sayur-sayuran dan buah-buahan yang dibeli langsung dari petani lokal,” ujarnya.
Dalam hal ini, dikatakannya wali nagari diwajibkan membeli hasil pertanian lokal yang akan disalurkan kepada masyarakat. Bahkan ini juga sebagai upaya untuk membantu petani di nagari tersebut.
Pembagian bantuan ini sesuai jumlah anggota keluarga. Apabila anggota keluarga 1 orang, dibantu 10 kilogram beras, garam dan bantuan dari nagari. Jika lebih, bisa 20 kilogram hingga 30 kilogram beras ditambah bantuan dari nagari.
“Kita minta wali nagari mengantarkan langsung bantuan ini ke rumah masyarakat atau juga bisa melalui tim khusus, relawan, ojek dan lainnya. Tetapi harus memiliki data dan bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.
Dengan demikian, masyarakat jangan takut untuk kebutuhan sandang pangannya, karena wali nagari akan mengantarkannya langsung ke rumah masing-masing. Sedangkan kebutuhan lain seperti, bawang prai, seledri, cabai dan lainnya masyarakat bisa memanfaatkan hasil program Agam Menyemai yang dilaksanakan selama ini.
Menurut Kepala Dinas Sosial Agam, Rahmi Artati bagi nagari yang telah menerima beras dari bulog telah bisa menyalurkannya kepada masyarakat. Hari ini ada beberapa nagari yang menyalurkan seperti di Kecamatan Banuhampu, Ampek Angkek, Tilatang Kamang dan Lubuk Basung.
“Masyarakat luar DTKS juga dibantu. Apabila mereka melapor ke wali nagari dan diusulkan ke Dinas Sosial, kita akan menyediakan bantuan,” terangnya. (BJR) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top