Asisten 3 Fakhriati: Optimis Raih Anugrah Parahihta Ekapraya 2020

0

Parikmalintang, CanangNews -- Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten 3  Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Hj Fakhriati S Sos MM membuka Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG), Senin (16/3/2020), di Aula Kantor Bupati, Parikmalintang.

Sosialisasi tersebut bertema  Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Padang Pariaman Siap Menuju Pembangunan yang Berkeadilan dan Kesetaraan Gender dan Siap Meraih Anugrah Parahihta Ekapraya (APE) tahun 2020.

Ketika memberikan kata sambutan,  Fakhriati mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini agar tidak ada lagi kesalahan persepsi dalam pengertian gender.  Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Kepala  Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) beserta jajaran yang telah memfasilitasi acara ini.

"Di Kabupaten Padang Pariaman, kesetaraan gender ini sudah tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah dan sudah diorientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan gender. Hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati Padang Pariaman No. 40 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan gender di Kabupaten Padang Pariaman.,".ujar Fakhriati.  

Bahkan, lanjut dia, dalam managemen pemerintahan, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam berkarir, baik dalam jabatan struktural maupun fungsional. Meski demikian, upaya tersebut belum berjalan secara optimal.  

Ia menambahkan, berkenaan dengan belum optimalnya kesadaran  tersebut, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah melakukan  berbagai upaya  dalam membangun kesadaran gender dikalangan aparat pemerintahan, maupun swasta, perguruan tinggi, dan dunia usia.  Di antaranya dengan  menyelenggarakan sosialisasi tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ini oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinsos P3A Padang Pariaman.

Menyangkut APE, ulas Yet - sapaan Fakhriati, merupakan penghargaan yang diberikan kepada  seluruh kementerian / lembaga negara, pemerintahan daerah tingkat propinsi, kabupaten / kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Ia juga melanjutkan partisipasi serta komitmen dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), perguruan tinggi negeri / swasta, dunia usaha, organisasi masyarakat serta lembaga masyarakat sangat menentukan dalam perolehan penghargaan APE tersebut.

Materi Sosialisasi ini disampakan oleh tiga narasumber, yakni Fikhi Akbar SP MM, Kepala Bidang Kesejahteraan Gender pada Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi dari Kementerian P3A, Kepala Dinas P3A Provinsi Sumatra Barat Drs Basril Rahmat MM dan Kasubbid SDM Bidang Sosbud dan Pemerintahan Bapoeda Sumbar Nasrial SKom.

Pada sosialisasi ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama seluruh unsur Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam pelaksanaan PUG di lingkungan unit kerja masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman Syafriwal SE MM melaporkan, sosialisasi ini diikuti oleh  150 orang peserta yang terdiri dari anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Staf Ahli, Asisten,  Seluruh Kepala OPD, Camat, Organisasi Wanita, LKAM, Bundo Kanduang, SDM pendamping PKH, dan Pensosmas se Kabupaten Padang Pariaman. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Staf Ahli Bupati drg H Arman Adek SH MM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  dr H Aspinuddin, sejumlah camat serta aktivis pemberdayaan perempuan. (MFY/ZT)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top