Informasi untuk Pencaker: BLK Padang Pariaman Laksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

0

Kepala Disdagnakerkop UKM Hj Nurhelmi SH MSi

Pariaman, CanangNewsUnit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2018 akan melaksanakan sejumlah kegiatan pelatihan berbasis kompetensi. Selain itu, juga melaksanakan uji kompetensi / sertifikasi kompetensi.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Hj Nurhelmi SH MSi mengemukakan informasi itu, Jumat (2/3/2018). Menurutnya, sedikitnya ada 15 jenis dengan total 31 paket pelatihan.

Ke-15 jenis pelatihan itu adalah 1. Technical Support , 2. Teknisi Audio Video, 3. Telpon Seluler, 4. Instalasi (Penerangan), 5. Instalasi Tenaga,6. Teknisi AC, 7. Juru Las Karbit, 8. Juru Listrik Smaw, 9. Furniture, 10. Mekanik Mobil, 11. Mekanik Sepeda Motor, 12. Operator (Pembuatan Sprey Dan Bed Cover), 13. Operator Jahit (Pakaian Dasar), 14. Operator Basic (Office) dan 15. Pertanian.  

Nurhelmi menambahkan, panitia penyelenggara menyediakan fasilitas  berupa bahan latihan, modul latihan, makan siang,  baju kerja + kaos, uang transportasi serta kesempatan diikutkan uji kompetensi/sertifikasi.

Hj Nurhelmi SH MSi Rapat Kerja BLK & Ketenagakerjaan se-Sumbar

“Kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh Kementerian Tenaga Kerja RI dengan dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dengan kata lain, peserta tidak dipungut biaya pelatihan,” ujar Mantan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPM PPT) ini.

Masa pelatihanberk isar 30 hari hingga 1,5 bulan, tergantung jenis pelatihan. “Tempat terbatas karena untuk setiap paket pelatihan terdiri dari 16 peserta,” katanya lagi.

Syarat untuk mengikuti pelatihan keterampilan, lanjut Nurhelmi merinci, antara lain usia produktif bekerja dengan melampirkan kelengkapan berupa fotokopi KTP dan kartu keluarga, fotokopi ijazah terakhir dan pasfoto 4 x 6 = 2 lembar. Calon peserta yang berminat dapat segera mendaftar ke UPT BLK Padang Pariaman di Jl Sam Ratulangi Nomor 30 Kampung Baru – Kota Pariaman.

“Dari 31 paket tersebut, saat ini sudah berlangsung lima paket pelatihan. Masing-masing tiga paket institusional (bertempat di BLK) dan dua paket non institusional (bertempat di kantor walinagari,” jelas Nurhelmi.

Rapat Kerja BLK & Ketenagakerjaan se-Sumbar

Pada kesempatan itu Nurhelmi juga menyebutkan, pihaknya baru saja menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja BLK dan Ketenagakerjaan se-Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kegiatan itu bertempat di Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Padang Pariaman, Kamis 1 Maret 2018.

Suasana Rapat Kerja BLK & Ketenagakerjaan se-Sumbar

“Dalam rapat kerja tersebut kami membahas rencana program / kegiatan BLK dan ketenagakerjaan untuk tahun 2018, baik dengan dana bersumber dari APBD kabupaten / kota masing-masing maupun dari APBD provinsi dan APBN,” kata Nurhelmi.

Rapat kerja tersebut, ulas dia, diikuti oleh UPT BLK Kementerian Tenaga Kerja di Padang serta seluruh BLK dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Ketenagakerjaan provinsi / kabupaten / kota se-Sumbar.  (ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top