Santuni Anak Yatim, Pengurus Koppas Padang Sago Himbau Perantau Ikut Bergabung

0
Pengurus Koppas Padang Sago bersama anak-anak yatim penerima santunan

Padang Sago, CanangNews – Pengurus Koperasi Pasar Pedagang Pasar (Koppas) Padang Sago memberikan santunan untuk anak-anak yatim yang orang tuanya menjadi anggota koperasi, Kamis (22/6/2017). Kegiatan ini baru pertama diadakan Pengurus Koppas. Sebelumnya pengurus memberikan bantuan kepada rumah ibadah masing-masing 1 pernagari di Kecamatan Padang Sago.

Ketua Koppas Padang Sago Afrizal SE dalam  sambutannya mengatakan, besar bantuan yang diberikan untuk anak yatim masing-masing Rp375.000. Sumber dana berasal dari sedekah pengurus yang dikumpulkan dan dari koperasi sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Sifatnya sukarela sama-sama pengurus secara ikhlas dan tidak ada dipaksa. Kegiatan kumpul sedekah pengurus tahunan ini sudah berjalan lebih kurang 6 tahun. Kalau tahun sebelumnya diberikan untuk rumah ibadah seperti masjid dan surau, tetapi tahun sekarang diserahkan kepada anak yatim,” ujar Afrizal.

Dikatakan, tujuan dari bantuan untuk anak yatim dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru, pasti anak-anak sebagai pelajar memerlukan biaya untuk keperluan sekolahnya, apalagi mereka tidak lagi mempunyai orang tua laki-laki, jelas semua keperluan akan dipikul oleh ibunya.

“Muda-mudahan saja bantuan itu dapat menambah semangat mereka dalam menuntut ilmu, karena untuk meningkatkan kesejahteraan dan menajuhkan diri kemiskininan, harus melalui pendidikan, tanpa pendidikan jelas anak-anak akan terbelakang terus,” tukas Afrizal kembali.

Sekretaris Koppas Padang Sago Jasmaniar SPd menambahkan, pada tahun ini belum banyak yang dapat diberikan bantuan terhadap anak yatim, karena terbatasnya pula dana yang terkkumpul dari pengurus. Artinya ini adalah bantuan murni pengurus dari honor yang mereka terima sebagian diinfakkan.

Jasmaniar yang sehari-hari guru SMPN 1 Padang Sago menghimbau masyarakat Padang Sago yang ada di perantauan untuk ikut bergabung dengan Koppas dalam memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin. Dalam hal ini perantau menyalurkan bantuannya kepada Koppas dan nanti Koppas yang memberikan kepada yang berhak menerimanya.


“Kita sangat berharap ada kerja sama antara perantau dengan pengurus Koppas dalam memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin yang ada di Kecamatan Padang Sago. Siapa lagi yang akan memikirkan kampung halaman kita, kalau tidak kita sendiri?” tutur Jasmaniar yang didampingi anggota Badan Pengawas Wartinawati. (Ajo Amir / zast)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top