Rutin Membaca Al-Qur’an Dipelihara Allah Lahir – Batin

Bupati Ali Mukhni bersama Kabag Kesra Irsyaf Bujang, Camat Azwarman dan Aktivis PAQ Amir Azli

 

Kiambang, CanangNewsBupati Padang Pariaman Ali Mukhni meresmikan empat unit Pondok Al-Qur'an (PAQ) sekaligus di Mushalla Iqra’, Kiambang. Keempatnya adalah PAQ Fatahillah Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, PAQ Maudzatun Hasanah Nagari Sicincin, PAQ Miftahul Jannah Nagari Lubuk Padan dan PAQ Nahawand Nagari Sungai Asam.

 

Kegiatan itu digagas Camat  2x11 Enam Lingkung  Drs Azwarman MM, Selasa (18/4/2017) sore, dihadiri sekitar 50 santri dan orangtua mereka, tokoh-tokoh masyarakat, Kabag Kesra Setdakab Irsyaf Bujang Dt Tunaro, ketiga walinagari dan perangkatnya serta Drs Amir Azli, aktivis yang telah mendirikan 81 PAQ.

 

Kedatangan Bupati Ali Mukhni disambut lantunan syair-syair kelompok qasidah rebana santriwan-santriwati. Meskipun bupati telah duduk di dalam mushalla, mereka terus saja menyanyikan beberapa syair lagu Islami. Namun, Bupati Ali Mukhni terlihat menikmati.

 

Kelompok qasidah rebana santriwan-santriwati melantunkan syair lagu Islami

 

Ketika menyampaikan pengarahan, Bupati Ali Mukhni mengingatkan para donatur agar secara rutin menyisihkan rizki setiap bulan, khususnya untuk membantu biaya operasional PAQ kecamatan. “Kalau untuk PAQ nagari bisa dialokasikan dari dana pemerintahan nagari,” ujarnya.

 

Sebab, lanjut dia, kelangsungan PAQ merupakan tanggungjawab bersama kaum muslimin dan muslimat. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak satu persepsi dan satu komitmen dalam mengelola PAQ.

 

“Kemurnian dan keagungan Al-Qur'an itu dipelihara Allah Yang Mahakuasa hingga akhir zaman. Oleh sebab itu, orang yang secara rutin membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an pun akan terpelihara lahir dan batin dari berbagai penyakit dan kepikunan,” katanya lagi.

 

Pada kesempatan itu Ali Mukhni menceritakan pengalamannya bertemu seorang warga yang terlihat sudah sangat tua tetapi masih ikut senam pagi bersama cucu-cucunya. “Ketika saya tanya usianya berapa, dia menyebutkan 95 tahun. Saya tanya lagi apa rahasia bisa tetap bugar pada usia setua itu, dia mengaku tak punya rahasia apapun, kecuali membaca Al-Qur’an secara rutin.”

 

Ia menambahkan, masjid, surau, mushalla dan rumah-rumah yang di dalamnya senantiasa dilantunkan ayat-ayat Al-Qur’an akan dijauhkan Allah Yang Mahakuasa dari segala musibah serta selalu didekatkanNya dengan rahmat dan berkah.

 
Camat  Azwarman mengukuhkan Pengelola PAQ Fatahillah Kecamatan 2x11 Enam Lingkung

 

Sebelumnya, Camat  2x11 Enam Lingkung Azwarman melaporkan,  keberadaan 3 unit Pondok Al-Qur'an Nagari dan Pondok Al-Qur'an Kecamatan ini tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak, termasuk dukungan Bupati Padang Pariaman Drs H Ali Mukhni.

 

Adapun tujuan pembentukan Pondok Al-Qur'an ini, lanjut Azwarman, antara lain membentuk generasi muda yang gemar membaca Al-Qur'an, sekaligus mempelajari dan mengamalkan; meningkatkan kompetensi seni baca Al-Qur'an sehingga bisa mengangkat nama baik Kecamatan 2x11 En Lingkung pada ajang MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Padang Pariaman yang akan datang serta memasyarakatkan maghrib mengaji sehingga tidak ada lagi anak-anak yang berkeliaran sewaktu maghrib.  (zast)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama