Hadirnya Tank dan Meriam TNI AL, Monument TNI AL Kota Pariaman Makin Tacelak

0
Pariaman,Canangnews --- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar melepas Kirab Purna Tugas Tank Amphibi Marinir PT 76 dan Meriam Tembak yang akan menambah keindahan Monumen TNI AL Kota Pariaman, yang akan diresmikan oleh KSAL TNI Ade Supandi pada Rabu, tanggal 8 Maret 2017 mendatang.

Kirab ini diawali dari Balaikota Pariaman menuju Muaro Pariaman yang diikuti oleh Pasukan Marinir TNI AL Lantamal II Padang, Unsur TNI dan SOPD Pemko Pariaman, Unsur Pemuda, Para siswa-siswi SD-SMA se Kota Pariaman dengan penampilan Marching Band dan atraksi lainnya, Minggu (5/3).

Wako menceritakan, pada masa perjuangan kemerdekaan dan Agresi Belanda, Kota Pariaman merupakan salah satu Markas Besar TNI AL di Pesisir Pulau Sumatera.

 “Diharapkan dengan adanya tambahan Tank dan Meriam Tembak ini, menambah historis sejarah Kota Pariaman yang merupakan Pangkalan AL pertama di sumatera dan Kota Pariaman sebagai Benteng Pertahanan dari Agresi Meliter II Belanda yang ingin kembali menguasai indonesia di tahun 1948-1949,” ungkapnya

Adanya Monumen TNI AL Kota Pariaman ini, akan menjadi magnet tersendiri bagi wisata Pariaman sekaligus edukasi bertema sejarah, ditambah letaknya yang tepat berada di tepi laut, ujarnya.

Alutsista dan monument ini perlu perawatan khusus agar terhindar dari karat. Wako mengimbau semua pihak menjaga keberadaan monumen tersebut.“Ke depan kita akan membuatkan aturan tersendiri bagi pengunjung yang masuk dan berfoto di Monumen ini, dan juga kita akan memperlebar kawasan monument TNI AL Kota Pariaman ini, untuk memudahkan akses keluar masuk bagi wisatawan nantinya,” tutup Mukhlis

Monumen ini diharapkan juga dapat menambah ilmu bagi generasi yang akan datang bahwa Kota Pariaman adalah Kota yang diperhitungkan karena gerbang masuknya agresi bangsa lain yang akan menyerbu pulau Sumatera, pungkas wako.

Dalam keterangan dari Perwira Lantamal II Padang Kolonel Nanang yang memimpin pasukan dan purna tugas Tank dan meriam tembak ini mengatakan bahwa Tank Amphibi PT 76 ini adalah Tank buatan Uni Soviet yang telah banyak membantu mempertahankan NKRI dari perpecahan. Mulai dari Operasi Trikora di Papua dan Operasi Seroja di Timur-Timur, jelasnya.


“Di samping Tank Amfibi, Pemerintah Kota Pariaman juga menerima hibah dari TNI AL, berupa  satu unit Meriam Howikzer M30 122 dan Meriam Kapal Experi KRI Teluk Tomini 508 untuk mendampingi Monumen Perjuangan TNI AL Kota Pariaman,” (***)




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top