Kopi Minang Super Koto Tuo Dilirik Pengusaha Mancanegara

 



Batusangkar, CanangNews- Harumnya seduhan kopi selalu akrab bagi para pekerja hampir di setiap pagi. Aroma kopi dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, dan semangat. Tingginya kebutuhan ngopi di kalangan para pekerja inilah yang membuat komoditas ini populer.

Bisnis kopi tanah air kembali bergairah dengan munculnya banyak kedai kopi di berbagai kota. Dari kedai kopi itulah, masyarakat Indonesia mulai mengenal dekat aneka jenis kopi nusantara. Dengan ciri khas yang dipunyai oleh tiap jenis kopi nusantara.

Di kalangan pecinta kopi di Indonesia khususnya di Sumatera Barat, Kopi Robusta Minang Super yang berasal dari Nagari Koto Tuo kecamatan Sungai Tarab kabupaten Tanah Datar sudah menunjukkan kualitasnya. Bahkan, permintaan kopi Minang Super dari pecinta kopi dari luar daerah juga cukup tinggi.

Kualitas kopi Kopi Robusta Minang Super dibenarkan Hamdi dari pengusaha  kopi, permintaan kopi Minang Super cukup tinggi bahkan sudah diminati warga negara asing.

“ Kopi Minang Super sudah berkibrah dari tahun 1960-an yang kelola Ibu Syamsu Animar hingga saat ini secara turun temurun dengan mengutakan kualitas mutu. Alhadulillah sudah diminati pecinta kopi dari dalam negeri sampai luar negeri,” ucap Hamdi.



Hamdi sebagai penerus usaha Kopi Minang super dari tahun 1975 jelaskan, kopi bubuk Minang Super yang berbahan baku biji kopi yang di olah menjadi kopi bubuk dengan kualitas A (bubuk murni) dan kualitas B  dengan campuran bumbu dan resep yang diolah secara higinis yang telah terdaftar di Dinkes RI No. 210.13.05.01.070 dengan visi usaha “Menghasilkan Kopi Bubuk Berkualitas Tinggi Sehingga Mampu Bersaing di Pasar” dengan memproduksi sudah lebih dari satu ton per minggunya, ulas Hamdi saat di temui CanangNews di rumah produksi Koto Tuo Sungai Tarab, Rabu (10/2).

Untuk pemasaran, Hamdi katakan, bubuk kopi Minang Super sudah dipasarkan mulai dari warung kopi sampai supermarket khusus Sumbar dan Riau di antar langsung ke tempat bahkan dikirim melalui paket sesuai permintaan.  


“ Kopi bubuk Minang Super dipasarkan dalam berbagai kemasan dengan ukuran 360 gram, 250 gram,180 gram dan 100gram”, ujarnya.

Dia juga sampaikan, baru-baru ini ada warga negara asing yang sudah langganan Kopi Bubuk  Minang Super sekaligus pengusaha yang bergerak di bidang ekspor dan inpor, bahkan dengan penasaran beliau langsung datang ke lokasi produksi, Pecinta kopi tersebut yaitu  Mr Anatoli. Si warga Negara Asing dari Rusia.

Mr Anatoli. Si pada kunjungan ke rumah produksi menyampaikan ketertarikan dia dengan kopi bubuk Robusta Minang Super karena rasa yang khas dan ini memang benar-benar “kopi minang yang super” dan dia bersedia memasarkan di negaranya, pungkas Hamdi.

Ditempat terpisah, Camat Sungai Tarab Afrizal juga sampaikan apresiasi dengan beberapa pengusaha kopi bubuk yang ada di nagari Koto Tuo. Nagari Koto Tuo 75 persen masyarakatnya bergerak di bidang produsen bubuk kopi  dimana pemasan kopi tersebut tersebar di Sumbar, Riau dan Jambi.

“Melihat potensi yang dimiliki nagari Koto Tuo ini, kami selaku pemerintah kecamatan Sungai Tarab siap mendukung pengembangan usaha tersebut. Kapan perlu nagari Koto Tuo kita nobatkan menjadi kampung kopi sehingga menjadi destinasi wisata,” ujar Afrizal. (Erie)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama