Diskominfo - BPS Padang Pariaman Selenggarakan FGD Penyusunan Publikasi PPDA

Lubuak Aluang, CanangNews - Dalamrangka mewujudkan satu data Indonesia di Kabupaten Padang Pariaman, Badan Pusat Statistik (BPS)  bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  menyelenggarakan Focus Group Diskusion (FGD) Penyusunan Publikasi Padang Pariaman Dalam Angka (PPDA) dan Pembinaan Statistik Sektoral. 

FGD yang diprakarsai oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo ini dibuka oleh Pelaksana Harian Bupati Padang Pariaman H Jonpriadi SE MM bertempat di Hotel Minang Jaya - Lubuak Aluang, Rabu +17/2/2021). Kegiatan ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, BUMD, dan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Padang Pariaman. 

Dalam kata sambutannya, Plh Bupati Jonpriadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPS dan Diskominfo atas penyelenggaraan FGD ini. Menurutnya, kegiatan FGD ini sangatlah penting dalam melakukan penyusunan Padang Pariaman Dalam Angka 2021 yang nantinya akan dijadikan rujukan dalam perencanaan dan evaluasi. Terlebih lagi, pada tahun ini rilis publikasi Padang Pariaman Dalam Angka akan dipercepat, yaitu menjadi 26 Februari 2021, demi memenuhi kebutuhan daerah mengenai rujukan data yang akan digunakan pada kegiatan musrenbang.

"Sejak tahun 2017 lalu Pemerintah Padang Pariaman telah membentuk tim data yang dikoordinir oleh Dinas Kominfo. Makanya, dia menegaskan supaya mulai tahun ini Padang Pariaman harus sudah memiliki data yang akurat sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk perencanaan", Kata Jonpriadi.

Pada kesempatan itu, Jonpriadi yang juga masih menjabat Sekretaris Daerah Padang Pariaman ini mengapresiasi Kepala BPS Padang Pariaman. Karena selalu Update dalam memberikan informasi terutama terkait dengan persoalan pertumbuhan ekonomi di Padang Pariaman. Dia juga menegaskan, agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Padang Pariaman untuk dapat mendukung BPS dalam mewujudkan Padang Pariaman Dalam Angka tahun 2021.

"Tentunya kerja BPS dan Dinas Kominfo dalam mewujudkan Padang Pariaman Dalam Angka sangat butuh update data dari seluruh OPD sebagai sumber data", Tutupnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Padang Pariaman Joni Suryadi, SE, MM menyebutkan tujuan FGD Padang Pariaman Dalam Angka digelar untuk memberikan gambaran dan informasi terkait dengan progres pelaksanaan lapangan dan upaya peningkatan kualitas publikasi Padang Pariaman Dalam Angka kedepannya, baik dari segi percepatan waktu, pelaksanaan maupun kualitas data yang dihasilkan.

"Dalam FGD ini kita akan lihat pemasukan data kita, insya Allah tahun ini kita akan rilis sedikit di percepat yaitu 26 Februari 2021 mendatang" Katanya.

Joni Suryadi selaku pelaksana FGD juga berharap dalam FGD nantinya dapat dibahas permasalahan dalam pengukuran data serta memnfaat waktu dengan sebaiknya sehingga penyajian informasi Padang Pariaman kedepannya dapat terselesaikan, berkualitas dan tepat waktu. 

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada STIKES Nan Tongga Lubuk atas Partispasinya sebagai satgas terbaik dan respon tercepat pengisian data Padang Pariaman Dalam Angka Tahun 2021Q

Di akhir pembukaan FGD tersebut BPS Padang Pariaman memberi penghargaan kepada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nan Tongga dan RSUD Padang Pariaman sebagai Satgas terbaik dan respon tercepat pengisian data Padang Pariaman Dalam Angka Tahun 2021. Piagam Penghargaan diserahkan oleh PLH Bupati Padang Pariaman H Jonpriadi, SE, MM yang didampingi oleh Kepala BPS Padang Pariaman Joni Suryadi, SE, MM dan Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman Zahirman, S.Sos, MM.

Penyampaian Materi dalam FGD PPDA Tahun 2021 oleh Zahirman, S.Sos, MM  Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman dan Joni Suryadi, SE, MM Kepala BPS Padang Pariaman dengan Moderator praktisi hukum Drs. Suhaili, MH Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas kominfo Padang Pariaman

Selanjutnya Sesi Penyajian Materi yang dimoderatori oleh Drs. Suhaili, MH Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Padang Pariaman. Pemaparan materi FGD mengenai Rilis Publikasi Padang Pariaman Dalam Angka (PPDA). Dengan fokus penyampaian tentang Indikator Strategis Kabupaten Padang Pariaman. Disampaikan oleh Joni Suryadi, SE, MM Kepala BPS Kabupaten Padang Pariaman. Selain memaparkan gambaran umum mengenai publikasi tersebut, beberapa data dari dinas terkait yang terdapat dalam publikasi yang akan rilis pada 26 Februari tahun 2021 ini juga ditampilkan. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Zahirman, S.Sos, MM Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman tentang Peran Kominfo selaku wali data dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia.

Dalam paparan materinya Zahirman menyampaikan berdasarkan peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia. Untuk wali data ditugaskan kepada Dinas Kominfo dari jajaran provinsi sampai ke kabupaten /kota. Dala hal ini, peran Kominfo adalah menyebarluaskan informasi melalui satu data Indonesia. (MHK/ZT)

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama