Diskominfo Padang Pariaman Latih THL Jadi Jurnalis

Parikmalintang, CanangNews --"Kemampuan jurnalis dan aparatur kehumasan bukan hanya sekadar tuntutan pekerjaan, namun harus menjadi pakaian keseharian," kata Zahirman S Sos MM saat membuka kegiatan Pelatihan Jurnalis bagi Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang Pariaman, bertempat di ruangan Dilo, Kamis, 11 Februari 2021.

Lebih lanjut, Zahirman selaku Kepala (Diskominfo) Padang Pariaman menjelaskan, pegawai Dinas Kominfo itu memiliki tugas administrasi dan tugas kedinasan yang sesuai tugas dan fungsinya. Di samping itu, juga berfungsi sebagai wartawan pemerintah daerah. 

Dia menambahkan, pelatihan ini adalah kebutuhan untuk mempersiapkan Kominfo sebagai corong yang terbaik dalam menyebarluaskan informasi dan menjadikan seorang jurnalis yang baik dari segi penulisan, etika, sehingga berita yang dikeluarkan menjadi bermutu.

"Pelatihan Jurnalis ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pegawai menjadi wartawan pemerintah daerah," katanya lagi.

Zahirman yang didampingi Kabid IKP Dedi Spendri juga menegaskan, setelah pelatihan ini hasilnya bukan hanya untuk pengetahuan diri pribadi.  Tetapi lebih dari itu bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas nantinya. Sehingga lahirlah wartawan-wartawan pemerintah yang harus mampu membuat, menciptakan, menyusun dan menulis sebuah berita yang menarik dibaca oleh publik. 

"Diharapkan seluruh peserta mengikuti dengan serius, agar mendapat hasil maksimal. Mampu jadi corong pemwrintaj dalam menyebarluaskan informasi pembangunan daerah". Kata Zahirman yang juga ketua ICMI Padang Pariaman ini.

Pelatihan ini diakhiri dengan penajaman materi yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman Zahirman dengan cara memberi kesempatan semua peserta dalam membuat rilis berita serta melakukan evaluasi bersama.

Pelatihan yang dilaksanakan satu hari penuh ini, diprakarsai oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta dari pegawai di dinas terkait. Pelatihan juga dihadiri oleh Sekretaris Ali Mutofa, S.STP, MM, Kabid E Gov Roza Suhendra, S.Kom, M.Cio dan Kabid Statistik dan Persandian Drs Suhaili MH.

Ada tiga materi yang diampu dalam pelatihan ini dengan dua narasumber yang kompeten dibidangnya. Yaitu, Anesa Satria, SH, MM yang fokus materinya menitik beratkan pada cara mencari berita dan membuat berita dengan konsep 5 W 1 H. Kemudian Andika Pratama, S.Kom dengan materi Photo Jurnalis yang menjelaskan teknik pengambilan photo yang mampu bercerita sesuai dengan berita yang dibuat. (MH/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama