Tahun 2020, Sebanyak 1.046 Pencaker Telah Dapat Penempatan Kerja


 

Agam,-DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, mencatat 1.046 dari 1.986 orang pencari kerja telah mendapatkan penempatan kerja pada 2020.

Kabid Penempatan dan Pengembangan Kesempatan Kerja DPMPTSP-Naker Agam, Yurnawati, Senin (18/1) mengatakan, pencaker yang sudah ada penempatan itu diketahui berdasarkan informasi yang diterima dari tempat mereka bekerja.

“Hanya beberapa pencaker yang menginformasikan kepada kita kalau mereka telah diterima bekerja,” sebutnya.

Pada umumnya, kata Yurnawati, mereka bekerja di perusahaan baik di Sumbar maupun luar Sumbar. Bahkan ada yang bekerja di instansi pemerintahan dan juga di luar negeri seperti Korea.

“Dalam hal ini kita menyurati dan berkoordinasi dengan perusahaan baik di Agam maupun Sumbar, untuk mempermudah pencaker mendapatkan informasi lowongan pekerjaan,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau pencaker yang putus sekolah, agar mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Sungai Jariang, untuk membekali diri dengan keterampilan dan keahlian, sehingga tidak sulit mencari pekerjaan.

“Pengalaman kita kesulitan mencarikan pencaker lowongan pekerjaan, karena mereka tidak memiliki kemampuan dan keahlian yang bisa diandalkan,” sebutnya.

Dikatakan, dari jumlah AK 1 yang diterbitkan di 2020, berkurang dibanding tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Dimana pelayanan dilakukan dua lokasi yaitu, di DPMPTSP -Naker Lubuk Basung dan Belakang Balok. (AY)

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama