Sering Buat Resah Masyarakat, Buaya Muara di Pasbar Ditemukan Mati Terperangkap


 

PASAMAN BARAT, -Seekor buaya muara berukuran sekitar 4 meter ditemukan terperangkap di sungai yang tidak jauh dari permukiman warga Rantau Panjang, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pasaman Barat Decky H Sahputra, Jumat (29/01/2021) mengatakan, proses Evakuasi dilakukan pada Kamis (28/01) malam sekitar pukul 23.00 WIB dan buaya tersebut diketahui sudah mati setelah dievakuasi warga ke daratan.

“Panjang buaya itu sekitar 4 meter, buaya itu dievakuasi masyarakat ke daratan tadi malam,” ujarnya.

Petugas BPBD yang mendapatkan informasi itu kemudian datang ke lokasi. Buaya tersebut langsung di evakuasi ke kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasaman Barat menggunakan mobil.

“Sementara buaya kita bawa dulu ke Dinas Lingkungan Hidup,” sebutnya.

Dilain itu, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Sumbar, Ade Putra saat di hubungi via whatsap  membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan, pihaknya sudah mengevakuasi buaya tersebut dari DLH Pasbar. 

"Aktivitas buaya di lokasi itu mulai meresahkan masyarakat. Pasalnya, buaya sering menampakkan diri ke permukaannya dan seorang warga sempat diterkam buaya dan mengalami luka di bagian kaki," ungkapnya.

Masyarakat khawatir buaya tersebut akan menggangu. Sebab, aliran Sungai Batang Pasaman masih banyak digunakan oleh masyarakat untuk aktivitas harian, seperti mandi, mencari ikan dan aktivitas lainnnya. (IYAN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama