PASAMAN BARAT, Sempat terhenti selama dua tahun, Bandara Pusako Anak Nagari di Jorong Laban, Nagari Kapar, Kacamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat Pasbar (Pasbar), Jum'at, (8/1/2021) mulai beroperasi kembali.

Penerbangan Perdana dengan rute Pasbar - Pekan baru ini disaksikan langsung oleh Bupati Pasbar, H. Yulianto, didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Pasbar, Rizaldi, Kepala UPT Bandara, Eva Wardi Putra, KTU UPT Bandara/Pemandu komunikasi penerbangan, Ari Surya Putra dan Tokoh Mayarakat lainnya.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasbar, Rizaldi mengatakan, Pengoperasian kembali Bandara Pusako Anak Nagari ini merupakan hadiah dan kado terindah untuk Kabupaten Pasbar yang telah genap berusia 17 Tahun. Selain Pengoperasian Bandara, Kabupaten Pasbar juga akan memiliki rute pengangkutan kapal perintis yang akan beroperasi pada Selasa, 12 Januari 2021 mendatang.

"Alhamdulilllah, di HUT Pasbar yang ke 17 ini, kita sudah memiliki rute transportasi udara dan laut yang akan memudahkan masyarakat untuk membawa hasil komoditi ke luar daerah, sekaligus mempersingkat waktu perjalanan," ujarnya. 

Rizaldi menambahkan, untuk jadwal penerbangan hanya satu kali setiap minggunya, yaitu pada hari jum'at, dengan rute Pekan baru-Pasbar yang berangkat pukul 09.10 Wib dan Pasbar-Pekan Baru pukul 10.20 yang masing-masing membutuhkan waktu sekitar 45 menit di dalam perjalanan.

"Sementara, untuk jadwal pengoperasian kapal perdana, yang akan dilaksanakan pada hari selasa pukul 18.00 dengan rute dari sigolo-golo, Sumatera Utara menuju teluk tapang," jelasnya. 

Sementara itu, Rizaldi juga sangat berterima kasih kepada semua unsur pemerintah dan DPRD khususnya Komisi III DPRD Pasbar yang telah memperjungkan hingga ke kementrian agar bandara ini dapat beroperasi kembali. 

"Ini semua, berkat kerjasama Pemkab dan DPRD, terutama komisi III yang dipimpin oleh Bapak H. Baharrudin. R MM yang telah memperjuangkan Pengoperasian Bendara ini kembali," tutur Rizaldi. (Iyan)