Peringati HPN Sebanyak 105 Dari 75 Media Ikuti Jambore Jurnalistik Di Bumi Perkemahan Tusiang kecamatan Palupuah


Agam, Canangnews,-Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, kenagarian pasia laweh,kecamatan Palupuah Agam menggelar 'Jambore Jurnalistik" di Bumi perkemahan tusiang Pasia laweh (23-24 /1 /2021).

Acara akbar itu diikuti lebih kurang 72 media dan 105 wartawan yang ada di Sumatera Barat, ketua PWI Agam Mursyidi, penasehat PWI Agam Khudri dan tamu undangan .

Pada pembukaan Zul Arifin Dt. Parpatiah selaku walinagari pasia laweh mengatakan, pelaksanaan tetap memperhatikan zona tertib protokol kesehatan covid-19.

"Adalah salah satu upaya dan partisipasi masyarakat bagaimana media itu dekat dengan masyarakat dan sebaliknya masyarakat merasa memiliki media itu serta infonya cepat diketahui oleh orang banyak" ujarnya.

Disamping itu ia menjelaskan bahwa suatu bentuk ungkapan terimakasih kepada media karena telah banyak berjasa dalam ranah pemberitaan serta mengajak nagari yang ada di Sumatera Barat agar lebih merangkul media.

Ia menyebutkan bahwa jambore jurnalistik itu merupakan gerbang pertama untuk menuju tahun  tahun berikutnya.

"Sebab dengan adanya kegiatan itu,bagaimana kita mengajak dengan semangat terbuka agar kami bisa menyuarakan apa yang tidak bisa dan sanggup melalui sistim birokrasi maka peran media sangat dibutuhkan yang akan menyalurkan aspirasi masyarakat,seperti terpenuhinya infrastruktur di nagari nagari yang ada."tukasnya.

Pada acara yang berlangsung selama dua hari itu diadakan pelatihan jurnalistik dasar kepada anak nagari yang berada dikecamatan palupuah ,hal mana nantinya akan ditumbuh kembangkan dengan pelatihan lanjutan,nantinya bisa membantu publikasi  nagari ditengah masyarakat." Ungkapnya.

Pada rangkaian acara tertulis pertandingan olah raga persahabatan, tausiyah dan subuh berjamaah,pentas seni dan kembang api serta potensi wisata di kenagarian pasia laweh yang bisa dikunjungi.

Kedepan pihaknya berharap dengan dilaksanakannya jambore itu berkelanjutan dan berinisiatif untuk membangun sebuah monumen di kenagarian pasia laweh palupuah sebagai simbol mengenang bahwa dinagari itu pernah digelar jambore jurnalistik di Sumbar.tutupnya.(NAS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama