kapolres AKBP SRI WIBOWO SIK, dan Komandan Kodim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, Sekda Erizon


Pesisir Selatan- Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Jaya 2020/2021 di Halaman Mapolres Pessel, Senin (21/12/2020).

Kegiatan ini digelar dalam rangka pengerahan pengamanan memasuki momen Natal dan Tahun Baru 2021.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo.sik menuturkan, apel ini digelar sebagai bentuk pengecekan akhir segala persiapan dalam pengamanan Natal.

"Baik pada aspek personil maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya," kata Sri Wibowo membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis terkait Operasi Lilin Jaya 2020.

Operasi Lilin Jaya 2020 bakal digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Ditambahkan Sri Wibowo, selama 15 hari tersebut personil gabungan akan memantau kerawanan-kerawanan yang berpotensi terjadi di Pesisir Selatan.

Terutama di tempat wisata yang tersebar di lima belas Kabupaten yang ada di Pesisir Selatan.

"Kita harus mengedepankan kegiatan yang preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," ucap Kapolres.

Komandan Kodim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, saat di wawancara awak media saat laksanakan Apel Operasi Lilin 2020 dihalam mapolres pessel, menyampaikan semoga partisipasi kami ini bisa menimalisir angka pelangaran, dan kami ingatkan tetap patuhi prokes supaya terhindar dari bahaya covid-19.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 Operasi militer untuk perang, Operasi militer non perang, yaitu Membantu  Kepolisian  Negara Republik  Indonesia  dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang.

Selain itu SEKDA Pesisir Selatan Erizon mengimbau kepada masyarakat Pesisir Selatan dalam mematui protokol kesehatan (prokes), saat melakukan kunjugan ke wisata yang ada di pesisir Selatan, dan kami Pemda Pessel sangat mendukung Operasi Lilin 2020.

Adapun dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Jaya 2020 ini, unsur-unsur lainnya yang dilibatkan meliputi TNI, Pemerintah Pesisir Selatan, Satpol PP dan organisasi masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya. (Ronal)