Agam,-Guna menekan angka pengangguran dan kemiskinan sekaligus memperkuat ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas PMPTSP-Naker memberikan pembekalan bagi peserta kegiatan penciptaan wirausaha baru, Jum’at (20/11), di Kantor Wali Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek.

Sekretaris DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam Widyastuti, saat dihubungi via ponsel, Jumat (20/11) di Lubuk Basung, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut outputnya adalah masyarakat bisa mandiri dalam berwirausaha sehingga ekpnominya bertanbah kuat.

“Masyarakat yang kita berdayakan ini Tenaga Kerja Mandiri (TKM) khusus jurusan memasak,” ujarnya.

Ia menyebutkan, program penciptaan wirausaha baru ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, dalam rangka membangun kemandirian bangsa secara ekonomi melalui kewirausahaan.

Terkait pelaksanaan pelatihan itu, diikuti 20 orang peserta yang dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktek selama 3 hari (20 sampai 22 November) dengan dana bersumber dari APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Diakhir pelatihan peserta juga diberi bantuan peralatan memasak,” jelasnya.

Melalui pelatihan tersebut, ia berharap peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh sehingga selesai kegiatan nanti peserta bisa menjadi wirausaha yang mandiri dan sukses.

“Muaranya adalah menyerap tenaga kerja baru guna mengurangi jumlah pengangguran,” tegasnya. (BJR)