Sijunjung, Canangnews.com -Satu Jam bersama Yuswir Arifin adalah tema yang diusung sebagai pembuka acara Seminar Nasional bertajuk 10 Strategi Mengajar Terbaik New Normal dan Mendidik Anak dengan Cinta dengan narasumber wawancara Bupati Sijunjung, Drs.H. Yuswir Arifin, MM. Dt. Indo Marajo.


Dalam wawancara yang dipandu bang Herry dari TV one itu, Bupati dua periode tersebut menceritakan latarbelakang kehidupan nya yang sederhana dan penuh perjuangan semenjak beliau dilahirkan hingga saat ini.


Acara tersebut dikemas secara apik dalam rangkaian acara pembukaan Seminar Nasional yang dimulai hari ini Selasa hingga Kamis (17-19/11/2020).

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa guru penggerak literasi kabupaten Sijunjung berupa plakat piagam.penghargaan bagi guru penggerak literasi yang telah menulis buku dengan aktif. "ada lebih dari seratus buku karangan guru dan kepala sekolah yang di launching hari ini" ungkap Delvianti, pembawa acara dan  bang Herry, promotor yang memandu acara ini dengan senyum dan semangatnya.


Adapun Pembicara Nasional Dr. Seto Mulyadi, M.Psi. Psikolog yang  akrab dipanggil Kak Seto mengisi sesi awal Seminar dengan materi Mendidik Anak Dengan Cinta. Kak Seto menyampaikan bahwa dalam mendidik, yang diperlukan adalah cinta dan hubungan batin dengan peserta didik. Tidak bisa memaksakan materi harus tuntas, namun disesuaikan dengan kondisi sang anak. Pakar pendidikan anak usia dini ini langsung mencontohkan bagaimana proses mendidik itu dengan lagu, atau kalimat kalimat yang di lagukan sehingga dapat diterima dengan senang dan menyenangkan hati anak.


Dalam acara tersebut selain dihadiri Bupati Sijunjung beserta ibu, Kak Seto dan para narasumber lain, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sijunjung, Ramler SH, MM, kepala dinas Pendidikan kota Sawahlunto, kepala dinas pendidikan 50  kota, kepala Kemenag Sijunjug, Forkopimda Sijunjung,  Sekretaris dan para Kabid dikbud Sijunjung, Ketua PGRI Kabupaten Sijunjung beserta jajarannya, perwakilan PGRI dari provinsi dan daerah tetangga, pengurus MKKS SMP/MTs, K3S,perwakilan Kepala Sekolah SD kecamatan dan segenap undangan lainnya. Selama berlangsungnya acara, protokol kesehatan tetap diterapkan, dengan jaga jarak, memakai masker dan faceshield juga cek suhu badan dengan thermogun..


 "Selain itu ada beberapa pakar pendidikan serta motivator nasional, diantaranya Profesor Ganefri, Ph.D , rektor Univesitas Negeri Padang, Dra. Ernelia, M.Pd., seorang praktisi pendidikan dam Abdul Hakim El Hamidi, seorang motivator dan pengarang buku nasional" Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler,SH, MM diruang kerjanya ketika dihubungi canangnews.com.


Lebih lanjut disampaikannya bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari guru dan  HUT PGRI ke-75 kabupaten Sijunjung tahun 2020 yang akan diikuti oleh lebih dari 4000 (Empat Ribu-red) guru PAUD, SD, SMP, SMA/Sederajat kabupaten Sijunjung, kota Sawahlunto dan kabupaten Dharmasraya secara zoom meeting dan livestreaming youtube. Adapun gelaran acara  tersebut dipusatkan di gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Selain itu, setiap peserta yang terdaftar, akan mendapatkan sertifikat seminar 33 Jam Pelajaran (JP) dan dimungkinkan bagi yang beruntung akan memperebutkan 8 hp Android bermerek.(TJP)