Parikmalintang, CanangNews Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman Drs H Yutiardy Rivai Apt menerima kunjungan rombongan Dinkes Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Kegiatan itu berlangsung di Aula Dinkes - Parikmalintang, Senin  (23/11/20).

Pada kesempatan itu, Yutiardy didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes) dr Syafrinawati MARS serta Pimpinan dan  jajaran staf Puskesmas Lubuk Alung. Sedangkan rombongan kaji banding dari Dinkes Kota Palembang diketuai Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Hj Sri Yulianingsih SKM MKes.

Tujuan kunjungan ini, kata Sri Yulianingsih ketika menyampaikan maksud kedatangan mereka, untuk memontret bagaimana Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lubuk Alung memperoleh Akreditasi Paripurna yang penilaiannya dilaksanakan tahun 2019 lalu.


Menanggapi maksud kedatangan tamunya, Kadinkes Yutiardy menjelaskan, Puskesmas Lubuk Alung merupakan puskesmas pertama yang meraih akreditasi paripurna di Provinsi Sumatera Barat, Untuk mencapai paripurna memang sangat diperlukan komitmen bersama dengan lintas program maupun lintas sektoral yang ada, baik di kecamatan  maupun kabupaten, begitu juga  dukungan dari pemerintah daerah.

“Dengan adanya dukungan tersebut, puskesmas dapat memberikan   peningkatan pelayanan yang bermutu dan kesalamatan pasien. Karena masih dalam suasana pandemi covid-19, pelaksanaan kegiatan tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Yutiardy.

Pada tahun 2020 ini, lanjut dia, sebanyak 8 dari 25 puskesmas di Padang Pariaman akan disurvey reakreditasi. Namun, karena kondisi pandemi covid-19 diundur sampai ada kabar dari Kementerian Kesehatan.Sungguh pun demikian, semua puskesmas tetap berproses dalam hal peningkatan mutu untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan,


Kegiatan pertemuan berlangsung lancar berisi diskusi antara rombongan Dinkes Kota Palembang dan pihak Dinkes Padang Pariaman plus Puskesmas Lubuk Alung. Bagi Puskesmas Lubuk Alung, kegiatan ini merupakan sudah kesekian kalinya dikunjungi oleh puskesmas yang datang, baik dari dalam maupun dari luar Provinsi Sumatra Barat.

“Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan pelayanan sehingga kita mampu memberikan pelayanan yang berkualitas,” ujar Kabid Yankes dr Syafrinawati MARS saat diskusi dengan rombongan.

Setelah melaksanakan tatap muka di Aula Dinkes – Parikmalintang, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Puskesmas Lubuk Alung guna melihat dokumen dan tata ruang yang ada. Di sini rombongan didampingi dan difasilitasi oleh Pimpinan Puskesmas dr Hj Nurafiah beserta tim akreditasi dan staf Puskesmas Lubuk Alung (Nurhayati Mila/ZT)