Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Padang Pariaman Suhatman SPd MSi

 Parikmalintang, CanangNews - Sebanyak 10 utusan sekolah yang terdiri dari 1 sekolah dasar (SD) dan 9 sekolah menengah pertama (SMP) mengisi kegiatan pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman, Parikmalintang, hari ini – Kamis (12/11/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Zahirman S Sos MM Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Suhatman SPd MSi menampilkan pertunjukan Kriya Batik, Musik dan Tari.

Ketika menyampaikan sambutan tertulis Kadisdikbud, Suhatman mengemukakan, kegiatan GSMS ini bertujuan untuk mengimplementasikan hasil berkesenian dari para seniman yang bersifat edukatif melalui peserta didik pada jenjang SD dan SMP di Padang Pariaman serta sebagai upaya melestarikan kesenian.

Menurut Suhatman, kesenian yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat merupakan penanda atau ciri khas suatu daerah dan menjadi cerminan kearifan lokal yang mesti dipertahankan dan dipromosikan sebagai penunjang daya tarik bagi wisatawan.


Melalui kesenian, menurutnya, dapat menjadi alat untuk membentuk karakter generasi muda sebagai penerus kebudayaan dan menjadikan para siswa produktif serta kreatif pada aktivitas yang bermanfaat.

“Dengan kegiatan pementasan karya siswa GSMS ini kita harapkan semua pihak dapat mengembangkan, melestarikan dan menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap kesenian sebagai bagian budaya yang mendukung penyelenggara pendidikan berkarakter,” ujar Suhatman.

Sebelumnya, seorang perwakilan dari Kepala Sekolah Penyelenggara GSMS Kabupaten Padang Pariaman Rahmad Rivoldi MPd menyatakan kesan dan pesannya, bahwa animo siswa untuk bisa ikut terlibat sebagai peserta GSMS ini sangat tinggi. Hal itu karena selama ini minimnya wadah siswa dalam berkesenian dan juga masih ada beberapa sekolah yang belum memiliki guru kesenian.


Rahmad Rivoldi pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kedikbud) Republik Indonesia yang telah menganggarkan dana GSMS dalam mendukung anggaran berupa honorarium untuk seniman.

Ia juga menilai pementasan hasil pembelajaran GSMS bisa menjadi sarana silaturahim para seniman, guru dan murid sehingga terbangun budaya berkesenian dan upaya pelestarian seni budaya di Kabupaten Padang Pariaman.

Tak ketinggalan pada acara pementasan GSMS ini juga dihadiri oleh Ikatan Duta Budaya (IDB) Kabupaten Padang Pariaman. Malah, beberapa anggota IDB terlibat sebagai pembawa acara, yaitu Rang Mudo Wakil II Duta Budaya Padang Pariaman 2020 “Ranggi Pranata”, dan Pembaca Do’a disampaikan oleh Rang Mudo Duta Budaya Kabupaten Padang Pariaman 2020 “Rahmat Ramadhan”.

Berikut daftar sekolah penyelenggaran GSMS 2020 di Kabupaten Padang Pariaman:


1. SMPN 2 Lubuk Alung dengan Seniman Fandi Rhamadan dan Asisten Seniman Yusfita

2. SMPN 3 Lubuk Alung dengan Seniman Afri Dino dan Asisten Seniman Desmaweni,S.Sn

    3. SMPN 1 Ulakan Tapakis dengan seniman Cecep Permana MPd dan Asisten Seniman Miki Pandreawan.

    4. SMPN 1 Patamuan dengan Seniman Budi Kurniawandan Asisten Seniman Maiyogi Pernando SPd.

    5. SMPN 1 V Koto Timur dengan Seniman Dafit Saputra dan Asisten Seniman Hasanul Rizki Febrian.

    6. SMPN 2 V Koto Kampung Dalam dengan Seniman Fauzi Octariyanti,S.Pd dan Asisten Seniman Sudirman.

    7. SMPN 2 Batang Gasan dengan Seniman Sumarlli Eka Putra dan Asisten Seniman Nurhalimah.

    8. SMPN 2 Sungai Limau dengan Seniman Rofri Hendri dan Asisten Seniman Dra Lindawati

    9. SMPN 4 V Koto Kp.Dalam dengan Seniman Ari Okto Rinaldo,S.Sn dan Asisten Seniman Febriani Kerisma.

    10.  SDN 11 Enam Lingkung dengan Seniman Jhonnedi dan Asisten Seniman Nurhasiah. (Ade/ZT)