H Jonpriadi SE MM

Parikmalintang, CanangNews -- Bagian Humas dan Protokol Sejretariat Daerah (Setdakab) Padang Pariaman mengadakan Workshop Protokol dan Jurnalistik terhadap utusan organisasi perangkat daerah (OPD). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Bupati,  Parikmalintang, Rabu (21/10/2020) 

Ketika membuka workshop, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman H Jonpriadi SE MM mengatakan, Master Of Ceremony (MC) merupakan bagian dari keprotokolan. Oleh karena itu, sangat perlu pemahaman bagi staf minimal untuk mengadakan acara di instansi masing-masing.

"Kegiatan keprotokolan bukan cuma MC, namun dapat dicontohkan dengan aktivitas masuk dan keluar ruangan pun itu termasuk protokol. Sebab, protokol merupakan kunci acara, bagus protokol maka bagus juga acaranya. Tugas protokol ini sangat  kompleks dan komprehensif karena protokol diperlukan untuk pengaturan dalam suatu acara."  ujar Jonpriadi.

Selain keprotokolan, lanjut dia, jurnalistik pun sangat penting. Dengan penguasaan ilmu dan keterampilan jurnalistik, orang yang bersangkutan dapat menyosialisasikan program dan kegiatan melalui media massa. 

"Berita yang dirilis oleh humas dapat mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap program kerja yang baik dalam lembaga pemerintahan. Oleh karena itu, kegiatan workshop ini sangat cocok untuk belajar ilmu protokol dan jurnalistik. Kita berharap acara ini dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas para peserta dalam bidang keprotokolan dan jurnalistik," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sekdakab Jonpriadi juga menyampaikan beberapa informasi terkait kegiatan pemerintah seperti peraturan daerah (perda) baru dan sangsi guna untuk menanggulangi penyebaran covid-19 di lingkungan masyarakat dan mengajak untuk mematuhi protokol kesehatan.

Anton Wira Tanjung SPi MSi Dt Panji Alam 

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Protokol Anton Wira Tanjung Dt Panji Alam melaporkan, workshop ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain MC Profesional Syovia Yenita SHI, Wartwawan Padang Ekspres Aris Prima Gunawan SPd dan Wartawan CanangNews Zakirman Tanjung, masing-masing memberikan materi mengenai protokol dan jurnalistik.

"Acara ini diadakan pada dua tahap, sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Juli dan sekarang di bulan Oktober. Workshop ini diadakan guna menambah pengetahuan terkait keprotokolan dan jurnalistik pada masing-masing instansi minimal pada saat mengangkat sebuah acara sehingga swadaya pada bidang keprotokolan dan jurnalistik bertambah,"  imbuh Anton Wira Tanjung.

Ia mengemukakan harapan, segera setelah workshop ini para peserta langsung mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan merilis publikasi kegiatan pada OPD atau  unit kerja masing-masing sehingga dapat menyebar luas, (Mila/Aliaty Rahma)