AGAM, -Di Kabupaten Agam, ternyata masih banyak menyimpan pesona alam yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Salah satunya Air Terjun Sarasah Tigo Batindiah di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan.

"Sarasah Tigo Batindiah ini adalah salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan setempat," ungkap Wali Nagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra, Selasa (20/10).

Sarasah yang berada di pinggiran hutan, melewati areal perkebunan dan pertanian masyarakat, menyajikan pemandangan alam yang alami, sehingga menjadi nilai tambah bagi penikmatnya.

Dijelaskan, sarasah ini mempunyai keunikan tersendiri, kerena terdiri dari tiga tingkatan, makanya masyarakat menyebutnya dengan Sarasah Tigo Batindiah. Total tingginya sekitar 60 meter, masing-masing tingkatnya memiliki ketinggian lebih kurang 20 meter.

“Alhamdulillah saat ini, Sarasah Tigo Batindiah sudah mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lokasi sarasah ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Kantor Wali Nagari Tigo Koto Silungkang. Namun untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan kaki lebih kurang sepanjang 1 kilometer, karena akses jalan ke lokasi tersebut hanya jalan setapak, belum bisa dilewati kendaraan.

Namun, sepanjang jalan ke lokasi tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan alamnya, mulai dari keindahan panorama areal pertanian dan perkebunan masyarakat, serta pepohonan yang rindang menambah keasrian kawasan itu.

Dikatakan Doni Cendra, pada RKP 2021, pihaknya telah mengusulkan untuk membuka jalan tersebut, agar nantinya pengunjung bisa langsung kelokasi menggunakan kendaraan.

Dibukanya jalan ini, terang Doni Cendra, selain untuk mempermudah akses ke lokasi objek wisata tersebut, juga memperlancar akses perkebunan dan pertanian masyarakat yang berada di sekitar kawasan itu. (BJR)