Catatan Bagindo Yohanes Wempi 

KEDEKATAN Dr H Hermanto MSc (Annggota DPR RI) dengan kampung Piaman tidaklah diragukan lagi. Setiap kali PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman - ed) mengadakan acara, beliau selalu hadir, selalu memberikan sumbangan materil maupun non materil. Haji Hermanto, mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) 1980-an, zaman orde baru, ini sudah menjadi pakaian kehidupan sehari-hari selalu dekat dengan orang kampungnya.

Begitu juga wujud nyata kecintaannya ke kampung halaman. Walaupun beliau Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar 1, namun ia selalu mengalokasikan bantuan, dorongan dana anggaran ke Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman serta kabupaten / kota lainnya. Antara lain seperti paket bantuan pengembangan ternak sapi pada Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani - ed) di Desa Batang Tajongkek Kecamatan Pariaman Selatan. Begitu juga bantuan alat pertanian, alat tangkap perikanan, termasuk bibitnya.

Maka tidak menjadi sesuatu keanehan bagi masyarakat Piaman, seorang Anggota Dewan Dapil Sumbar 1 ini memberikan bantuan kepada masyarakat Dapil Sumbar 2. Itulah kelebihan Ajo yang bagala Sidi ini, tulus dalam pengabdian terhadap kampung halamannya.

Kebiasan di atas juga dia apresiasikan dengan pulang kampung menyampaikan kabar baik dan memberikan motivasi hebat kepada orang kampungnya agar pada Pilkada 2020 bisa memilih Calon Terbaik untuk Gubernur & Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi & Audy yang diyakini bisa membuat Sumbar Madani.

H aji Hermanto, Doktor lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengumpulkan dunsanak serta tokoh-tokoh urang kampungnya untuk mendukung dan ikut terlibat memenangkan Paslon Mahyeldi & Audy di Ranah Piaman Laweh pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2020.

Langkah mengumpulkan urang kampungnya ini dilakukan juga untuk para relawan yang bergerak memenangkan Mahyeldi & Audy di Piaman serta daerah Sumbar keseluruhan. Pada hari Minggu malam lalu, bertempat di Los Lambuang Pasa Kurai Taji, beliau mengumpulkan perwakilan Tim M-AJo (Mahyeldi & Audy Jonaldy) Piaman Laweh dan PaM M-AJo (Pasukan Menangkan Mahyeldi-Audy) Sumbar.

Di sela cerita masa lalu, di saat kedua relawan ini berkumpul, Sidi Hermanto juga memberikan motivasi, arahan pemenangan Pilkada 2020. Salah satunya adalah jika Mahyledi menang menjadi Gubernur Sumbar maka otomatis Walikota Padang akan dipimpin oleh Mando Piaman H Hendri Septa.

Ini kebanggan baru bagi urang Piaman yang sudah lama Walikota tidak dari orang Piaman, yaitu paska Bagindo Aziz Chan, setelah Yusman Kasim (Wakil Walikota) nah baru sekarang ada pemimpin Padang urang Piaman, menantu ninik mamak Piaman, cucu Almarhum H Anas Malik. Namun, kata Sidi Hermanto, yang terpenting adalah memilih karena sosok Mahyeldi yang dipangil Buya cocok memimpin Sumbar.

Dukungan untuk memenangkan Mahyeldi-Audy tersebut merupakan tanggung jawab bersama para relawan. Jika Paslon Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy terpilih Sumbar akan bisa Madani. Paslon Mahyeldi-Audy juga memiliki visi dan misi, serta program unggulan yang cocok untuk keadaan masyarakat Sumbar saat pandemik covid-19.

Maka dari sekian banyak motivasi, dan arahan beliau kepada perwakilan Tim M-AJo Piaman Laweh dan PaM M-AJo Sumbar malam itu, beliau juga meminta kepada Kita untuk iklas membantu, tulus bergerak memenangkan Mahyeldi-Audy dengan segala keterbatasan, kekurangan, kelemahan dalam masa kampanye ini. Tetap semangat agar Sumbar Madani terwujud. [*]