Catatan Bagindo Yohanes Wempi

MASYARAKAT Pesisir Selatan (Pessel menyebutnya Kampung Sungai Nyalo, Batang Kapas, di mana terdapat satu gapoktan yang diberi bantuan peralatan pertanian lengkap, total bantuan nilainya lebih kurang 1 milyar oleh Dr H Hermanto MSc (Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Sumbar 1).

Saat hadir di kantor gapoktan (gabungan kelompok tani) tersebut penulis pun terkaget karena selama ini hanya mengetahui jenis alat pertanian tersebut ada di dalam YouTube. Namun di Gapoktan Sungai Nyalo sudah ada mesinnya, yaitu mesin potong (combine harvester) canggih yang cara kerja mesin langsung memotong batang padi, serta keluaranya nanti dalam bentuk butiran padi masuk kedalam karung penyimpanan.

Itu salah satu bentuk bantuan dari sekian ribu bantuan yang disalurkan melalui kebijakan dan dorongan anggaran yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Fraksi PKS, sosok DPR RI sederhana dengan mobil operasional lapangan masih jenis Avanza tersebut. Dari penyampaian pihak Dinas Pesisir Selatan kepada penulis bahwa bantuan H. Hermanto yang dipangil Sidi, "sangat banyak dan bermanfaat bagi para petani di Kabupaten Pesisir Selatan".

Dr H Hermanto saat berkunjung bersama penulis ke Pesisir Selatan bukan dalam rangka memberikan bantuan pertanian, tidak anggenda kedewanan sebenarnya. Tapi beliau diundang khusus oleh Buya Hamdanus Calon Kepala Daerah Pessel berpasangan dengan Hendra Joni dalam acara temu tokoh Pesisir Selatan menangkan Hendra Joni-Hamdanus.

Acara diadakan di Hotel Hanna, miliki kawan penulis, Dalam acara peserta yang hadir sesuai PKPU, protokoler covid-19 dan aturan Perda ditetapkan maksimal 50 orang. Namun karena tingginya antosias masyarakat terhadap Buya Hamdanus saat itu, akhirnya peserta yang hadir melebih target. Terpaksa Persada sebagai panitia pelaksana mensiasati agar peserta yang berlebih tersebut tetap bisa mengikuti acara dengan pola Online diluar ruangan.

Pada acara ini, H. Sidi Hermanto selaku senior di PKS memberi arahan dalam acara tersebut, menekankan pada informasi kehebatan Buya Hamdanus. Juga memberi penceraham dan motivasi kepada tokoh/hadirin yang hadir dari berbagai latar belakang tersebut untuk bantu menangkan saat tanggal 9 Desember 2020 di TPS.

Di antara adalah Buya Hamdanus sangat cocok berpasangan dengan Hendra Joni. Kecocokan beliau adalah berkaitan dengan perpaduan birokrasi-ulama, pasangan Hendra Joni ini dengan lulusan agama, sosok Buya atau ahli dalam pendidikan Agama Islam, sangat dibutuhkan masyarakat Pesisir Selatan ke depan.

Hamdanus. SAg. MAg yang dipangil Buya keseharian merupakan tokoh Pesel memiliki besik Agama Islam, sekolah menengah beliau di MAN, pendidikan SI beliau di IAIN atau UIN. Aktivitas beliau berdakwah bersama PKS di Jakarta, sebelum terpilih menjadi Anggota DPRD Propinsi Sumbar.

Dengan pemahaman dan ilmu Agama yang kuat maka kedua pasangan ini saling mengisi, perpaduan Hendra Joni yang berpengalaman dalam segi pembangunan fisik daerah, maka nanti Buya Hamdanus akan membangun mental sumber daya manusia Pesisir Selatan yang religius dan madani atau non fisik daerah.

Buya Hamdanus dengan ilmu pendidikan atau pengalaman membekali sumber daya manusia Dewan Se-Indonesia selama ini. Insyallah akan bisa menularkan dan mewujudkannya di tengah masyarakat Pesisir Selatan. 

Namun agar niat baik Hendra Joni bisa terwujud, dalam Pilkada mereka menang. H. Hermanton selaku Anggota DPR RI dari PKS akan ikut terlibat dalam membantu mewujudkannya. Dengan seluruh upaya kerja, semua basis atau simpul-simpul DR Hermanto akan dikerahkan untuk kampanye bersama Buya Hamdanus dengan Hendra Joni.  

Tidak lupa juga bahwa jika Buya Hamdanus menang secara otomatis Paslon Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy juga menang karena mereka satu paket pemenangan. (*)