Agam, -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, gencar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020.

Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Agam, Hendra Susilo, Jum’at (9/10) menyebutkan, sosialisasi ini dilakukan terhadap kelompok masyarakat dan petani dengan cara mengunjungi mereka, yang melibatkan organisasi perempuan, organisasi pemuda, pelajar dan lainnya.

“Kita juga akan bentuk Saka Adhyasta Pemilu, melakukan kerjasama dengan Kementerian Agama dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi,” ujarnya.

Kedua intansi itu, katanya, mengerahkan penyuluh agama dan mahasiswa dalam mensosialisasikan pengawasan Pilkada kepada masyarakat.

“Penyuluh agama akan menyosialisasikannya melalui ceramah agama di Masjid, sedangkan mahasiswa melalui program kuliah kerja nyata,” terangnya.

Hal ini, sebutnya bentuk strategi Bawaslu Agam untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelanggaran selama Pilkada, baik yang dilakukan pasangan calon, tim kampanye, aparatur sipil negara dan lainnya.

Dengan cara itu, diharapkannya pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dapat berjalan dengan baik dan sukses. (BJR)