Agam, -Pelayanan Puskesmas Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, untuk sementara terpaksa ditutup. Hal tersebut dikarenakan adanya seorang tenaga kesehatan (Nakes) terpapar positif Covid-19.

“Iya benar, tenaga kesehatan kita ada 1 orang positif, inisial RA (P/34), sekarang sudah dirujuk ke RSUD Lubuk Basung,” ungkap Kepala Puskesmas, NS Lidia Ira Wati, Rabu (2/9).

Dijelaskan Ira, hasil swab RA keluar kemaren malam. Sementara itu, hasil swab 22 tenaga kesehatan Puskesmas Manggopoh lainnya yang sampelnya diambil 26 Agustus lalu belum keluar.

“Karena, nama RA tergabung dengan tenaga kesehatan puskesmas lainnya di Agam,” terangnya.

Selama Puskesmas Manggopoh ditutup, masyarakat masih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas lain atau klinik terdekat di wilayahnya.

Ia menyampaikan, pelayanan Puskesmas Manggopoh akan kembali dibuka untuk umum apabila hasil swab tenaga kesehatan negatif Covid-19, seluruh tempat sudah dibersihkan dan dinilai aman untuk melayani masyarakat.

“Kita imbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Serta jujur dalam memberikan keterangan riwayat perjalanan, apabila ditanya petugas kesehatan. Karena, kejujuran salah satu cara untuk mencari tracking,” jelasnya. (BJR)