Subscribe Us

header ads

Meskipun Belum Maksimal Air Bersih Sudah Dinikmati Warga Sibeuotcun


Sikabaluan Canangnews,Pamsimas Dusun Sibeuotcun sudah dinikmati warga masyarakat meskipun disana sini masih ada sedikit kendala terlebih untuk biaya stabilisasi menuju tahap akhir (finishing).


Pamsimas Kali ini terletak di dusun Sibeuotcun Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara untuk membantu warga dalam kesulitan air yang sudah sejak ratusan tahun yang lalu menjadi kendala bagi warga masyarakat khususnya di dusun tersebut.

Dari data yang diperoleh dari Fasilitator Pamsimas bahwa sebanyak Rp 400.000.000 juta di kucurkan khusus untuk dusun Sibeuotcun namun ketika di Rencana Kerja Masyarakat (RKM) menjadi 280 juta untuk material dan lain sebagainya.

"20% dari suadaya masyarakat Sibeuotcun dan sepuluh persen yang sedang ditunggu oleh warga itu sendiri dari Desa setempat sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan pemeliharaan Pamsimas tersebut "ungkap salah satu Fasilitator Pamsimas Roni SH,saat dimintai keterangan Minggu 13/9/20.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa Pembangunan Pamsimas yang dalam tahap pemaksimalan tersebut didukung oleh 3 item diantaranya,APBN,Suadaya Masyarakat dan Anggaran Desa sehingga semuanya dapat terlaksana tinggal menunggu dukungan dari desa untuk mengaktifkan air bersih masuk rumah warga masyarakat itu sendiri.

"Pamsimas tersebut adaalah salah satu program Nasional untuk warga masyarakat namun dapat berjalan bila  ada usulan proposal melalui pemerintah setempat yang ditembuskan langsung ke Kementrian PUPR sehingga direspon dan dilakukan pengecekan dilapangan terkait layak tidaknya pembangunan dilokasi yang dimaksud" sebutnya .

Terkait penyempurnaan kata Roni,akan memakan biaya sebesar Rp 40.000.000 untuk mendukung kelengkapan fasilitas Pamsimas untuk warga masyarakat di lingkup dusun tersebut.

Sementara menurut Kordinator KKM dusun setempat,Elias bahwa Pamsimas sudah sangat membantu warga masyarakat  disusun tersebut "berkat Pamsimas warga tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih bahkan warga pokai datang mengambil air bersih dengan jerigen pada saat kemarau.

Namun berbeda dari kepala dusun yang tidak sempat disebutkan namanya, bahwa dirinya tidak mau memberikan tanggapan sebelum tahap finishing" saya belum mau memberikan tanggapan terkait Pamsimas namun mengakui hingga saat ini belum ada kendala meskipun jauh-jauh hari terjadi kerusakan di persambungan pipa namun hal tersebut tidak menjadi persoalan" ucapnya.

Dirinya juga mengharapkan dukungan  setempat untuk merawat Pamsimas agar tetap awet dan aman untuk dikonsumsi warga.

Untuk saat ini pamsimas sudah dinikmati oleh empat lokasi diantaranya Gorottai,Sibeuotcun,Terekan hulu yang masuk wilayah desa malancan dan desa Bojakan.(JS)

Posting Komentar

0 Komentar