Sikabaluan Canangnews,Bantuan Rumah untuk 30 Kepala Keluarga di desa Monganpoula hari ini di serahterimakan langsung oleh wakil Bupati disaksikan langsung oleh kepala dinas  perumahan Dandim 0319 serta Danlanal Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Bantuan tersebut menggunakan Anggaran yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Cadangan untuk membantu warga monganpoula dari kesulitan tempat tinggal.

Jenis bangunan yang sudah ditentukan sesuai dengan kontur tanah oleh dinas tersebut berbentuk panggung karena lokasi untuk mengantisipasi luapan banjir yang menggenangi pemukiman warga.

Budi Siregar selaku kepala Dinas Perumahan mentawai mengatakan anggaran yang dikucurkan di setiap KK sebesar Rp 41'800.00 untuk rumah sebesar 6x6 berjenis panggung.

"Sebanyak Rp 41,800.000 akan di kirimkan Bank Nagari secara langsung kerekening pemilik rumah untuk difungsikan sebagai pembeli bahan material penunjang bahan bangunan yang akan ditargetkan rampung bulan 12" ungkapnya kepada awak media Jumat 18/9/20.

Dirinya menambahkan,program pembangunan rumah baru akan terus bertambah seiring waktu namun dengan catatan target perampungan yang di mandatkan kepada desa dapat terpenuhi.

"Kita akan melanjutkan pembangunan rumah warga sebanyak 50-100 namun dengan catatan warga monganpoula dapat memenuhi syarat perampungan yang ditargetkan bulan 12" tegas Budi.

Dari data yang diperoleh dari dinas perumahan bahwa bantuan rumah dari DAK Cadangan ada tiga  lokasi diantaranya Monganpoula,Taraet,Saumanganyak  satu diantaranya memiliki sistim rehap rumah sementra dua bersistim bangun baru dengan biaya tukang diperkirakan Rp 5000.000 di dua lokasi,sementara di saumanganyak biaya bangun baru sebesar Rp 2500.000.(JS)