AGAM, - Pasca komisioner dan staf positif Covid-19, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Agam memastikan pengawasan Pilkada 2020 tetap berjalan. Tanggung jawab Bawaslu tetap berjalan dengan mekanisme kolektif kolegial.

“Pengawasan tahapan kepemiluan akan tetap berlangsung, pada dasarnya kita bekerja secara kolektif kolegial,” ujar Ketua Bawaslu Agam, Elvys pada Rabu (17/9) malam.

Artinya, sambung Elvys, sembari menunggu kesembuhan, tugas yang diemban anggota bersangkutan untuk sementara dikerjakan anggota yang lain.

Dijelaskan Elvys, pengawasan yang dilakukan Bawaslu akan merujuk kepada jadwal dan tahapan kepemiluan yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam.

“Artinya segala tahapan yang sudah ditentukan oleh KPU, maka kita akan tetap mengawasi,” ucapnya.

Elvys berharap, 4 orang keluarga besar Bawaslu Agam tersebut segera diberi kesembuhan dan bisa beraktivitas seperti sediakala.

Sementara itu, Sekretaris Bawaslu Agam, Yuli Zamra menyebutkan 2 komisioner dan 2 staf terkonfirmasi Covid-19 pada Rabu (17/9) kemarin.

Hasil terkonfirmasi positif tersebut didapat setelah uji swab terhadap 25 orang yang terdiri dari komisioner dan staf pada pekan lalu.

“2 komisioner yang terpapar hasil dari uji swab yang dilakukan di Puskesmas Biaro, Ampek Angkek, dan 2 anggota hasil swab Puskesmas Lubuk Basung pada Selasa lalu,” ucapnya. (BJR)