Agam, -Tidak hanya bertindak memberantas perbuatan kriminal pembalakan liar atau penangkapan satwa dilindungi, BKSDA juga berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan Cagar Alam (CA).

Seperti halnya BKSDA Resor Konservasi wilayah Agam. Sebagai upaya meningkatkan perekonomian, disediakan bibit tanaman produktif agar masyarakat tidak bergantung kepada kawasan CA Maninjau dalam mencari penghasilan.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra di Lubuk Basung, Kamis (6/8) menyebutkan, bibit yang disediakan adalah buah-buahan sebanyak 4.000 batang, terbagi menjadi jeruk madu 1.280 batang, mangga 1.000 batang, alpokat 720 batang dan durian 1.000 batang.

Bibit ini, katanya, didatangkan BPDAS Agam Kuantan dari Binjai Provinsi Sumatera Utara, yang disalurkan oleh BKSDA Resor Konservasi wilayah Agam sekaligus mendukung program Indonesia Menanam dan Agam Menyemai.

“Hari ini bibit mulai kita salurkan kepada masyarakat sekitar CA Maninjau, yang dijemput langsung ke kantor BKSDA Resor Konservasi wilayah Agam,” ujarnya.

Menurutnya, tahun depan bibit dari berbagai jenis buah-buahan akan disediakan lagi sebanyak 10.000 batang, yang akan disalurkan kepada masyarakat sekitar KCA Maninjau.

Sementara itu, Hengki, penanggungjawab pendistribusian bibit menambahkan, pendistribusian sifatnya bisa individu maupun kelompok, dengan per orangnya diberikan 12 batang bibit dari 4 jenis buah-buahan yang tersedia.

“Untuk mendapatkan bibit ini, cukup menyerahkan KTP atau KK dan formulir permohonan yang diketahui oleh camat atau wali nagari,” sebutnya. (BJR)