Subscribe Us

header ads

Senin Ini, Dinas Kearpus Padang Pariaman Selenggarakan Lomba Bercerita

Kepala Dinas Kearpus Hendri Satria 

PARIAMAN, CanangNews – Untuk memupuk kecintaan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kearpus) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan kegiatan “Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI”. Kegiatan dijadwalkan berlangsung hari ini, Senin (6/7/2020) di Gedung Perpustakaan Dinas Kearpus – Kota Pariaman.

Kepala Dinas Kearpus H Hendri Satria AP MSi menyebutkan, tujuan penyelenggaraan lomba ini antara lain untuk menumbuh-kembangkan minat dan kegemaran membaca di kalangan anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

Peserta lomba dan pendamping 

Di samping itu, kata dia,, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa, baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda.

Selanjutnya, ulas Hendri, menumbuh-kembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya  budaya bangsa serta mencari bibit generasi muda dari penjuru nusantara yang dapat menjadi panutan dalam memupuk kebiasaan gemar membaca.

Tim Juri I, II, III 

Sasaran peserta lomba adalah siswa-siswi yang pada saat pelaksanaan lomba masih duduk di Kelas III - V SD/MI, baik negeri maupun swasta, masing-masing dua peserta dari setiap kecamatan. Kabupaten Padang Pariaman terdiri dari 17 kecamatan. Dalam hal ini sekolahnya sudah memiliki perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan oleh petugas kompeten. 

Berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, lomba kali ini didahului dengan seleksi video peserta yang dikirimkan oleh kepala-kepada SD bersangkutan. Selanjutnya, tim juri memilih 6 (enam) peserta nominator yang diundang ke Dinas Kearpus guna menampilkan kebolehan mereka bercerita di depan tim juri.

Tim Juri IV & V 

Tim juri berjumlah lima orang, yakni H Hendri Satria AP MSi (Kadis Arpus), Adek Mahdalena  (Sekdis Kearpus) dan Dra Maspupah MM (Kabid Pembinaan & Pengawasan Dinas Kearpus), Irawati Febriani SP MSi (Kabid Kearsipan dan Zakirman Tanjung (jurnalis dan pegiat literasi),

“Sama seperti tahun lalu, panitia menyediakan hadiah berupa trofi, piagam dan uang pembinaan kepada peserta yang meraih juara pertama, kedua, ketiga serta harapan satu, dua dan tiga. Khusus peserta terbaik akan diutus mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi Sumbar.,” kata Hendri. 

Panitia dan Tim Juri foto bersama para juara lomba tahun 2019 

Ia menambahkan, lomba bercerita ini diseleksi secara berjenjang di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat kabupaten / kota, provinsi hingga nasional. 

"Kita berharap, semoga peserta terbaik dalam lomba ini yang kita utus ke tingkat provinsi nanti akan mewakili Sumatra Barat ke tingkat nasional, sebagaimana tahun 2018," katanya lagi. 

Pada kesempatan itu, Hendri pun menjelaskan, pelaksanaan lomba ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan pandemi corona virus disease 2019 (covid-19), peserta, guru pendamping dan dewan juri memakai masker, jaga jarak aman serta cuci tangan pakai sabun sebelum memasuki ruangan. (AJ)

Posting Komentar

0 Komentar