Subscribe Us

header ads

KPU Padang Pariaman Jalin Kerjasama dengan Inspektorat


Parikmalintang, CanangNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman menjalin kerjasama dan koordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman terkait dengan agenda tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang makin padat dan pengadaan alat pelindung diri (APD) sesuai protokol kesehatan yang musti ditaati di tengah pandemi corona.virus disease 2019 (covid-19). 

Kerjasama tersebut disepakati dalam pertemuan dengan Tim Inspektorat di Gedung KPU, Parikmalintang, Kamis (9/7/2020) pagi.

Kegiatan ini diikuti  Ketua KPU Zulnaidi beserta tim dan Inspektur  Hendra Aswara yang juga beserta tim, masing-masing akan menindaklanjuti dengan kegiatan review dokumen pilkada.

Ketika dihubungi, Kamis siang, Ketua KPU Zulnaidi menyebutkan, kerjasama dimaksud merupakan amanat undang-undang (UU) tentang pilkada yang terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perpu) Nomor 2 tahun 2020. Dalam hal ini, pemerintah daerah berkewajiban membantu KPU menyelenggarakan pilkada. 

Bantuan dimaksud, lanjut Zulnaidi, termasuk pendanaan yang tertuang dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) serta jasa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Menjawab pertanyaan wartawan, Zulnaidi menambahkan, tahapan pilkada sudah dimulai sejak 15 Juni lalu dengan berbagai kegiatan. Selanjutnya, pendaftaran bakal calon kepala daerah dijadwalkan tanggal 4, 5, 6 September, penetapan pasangan calon kepala daerah 23 September dan hari-H pelaksanaan pilkada, Rabu 9 Desember 2020.  (Zakirman Tanjung)

Posting Komentar

0 Komentar